Normalisasi Sungai

Pemilik Bersedia Membongkar Bangunan di Atas Sungai, Minta Pemerintah Tak Tebang Pilih

Sementara itu, mengetahui rencana pemerintah ingin menormalisasi Sungai Belasung dalam waktu dekat, Fadillah, warga bantaran Sungai Belasung RT 4

Pemilik Bersedia Membongkar Bangunan di Atas Sungai, Minta Pemerintah Tak Tebang Pilih
BPost Cetak
Blitz edisi cetak Rabu (31/7/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sementara itu, mengetahui rencana pemerintah ingin menormalisasi Sungai Belasung dalam waktu dekat, Fadillah, warga bantaran Sungai Belasung RT 4 Kelurahan Kertak Baru Ilir Kecamatan Banjarmasin Tengah Gang Kembang, berinisiatif membongkar bangunannya sendiri.

Hanya saja bangunan yang dimaksud di sini bukan keseluruhan, melainkan menurut Fadillah hanya meliputi bagian kamar, dapur dan toilet keluarganya.

Meskipun demikian, ia juga tidak menampik atas keputusannya tetap harus mengorbankan keperluan keluarganya.

Terutama keberadaan toilet, mereka yang semula bergantung dengan bangunan itu, kini terpaksa bingung.

Baca: Lama Tak Terdengar Kabarnya, Ternyata Ayu Azhari Jualan di Swedia, Tak Menyangka Laris

Baca: Tagar #Atta Trending Twitter, Warganet Tolak Youtuber Teman Putri Ashanty & Anang, Aurel Hermansyah

Baca: Pemko Banjarmasin akan Menata Sungai Belasung, Pemilik Bangunan Liar Diberi Tenggat Waktu Segini

Baca: Siap-Siap! Seleksi Masuk Universitas Indonesia (UI) Diumumkan Hari Ini, Lihat Hasilnya KLIK LINK Ini

"Jadi kalau mau buang air, ya nunggu malam ae. Soalnya kan enggak ada lagi toilet. Makanya mudah-mudahan pemerintah juga bisa memikirkan kebutuhan kami itu," harapnya.

Fadillah juga mengatakan bila nanti pemerintah sungguh-sungguh ingin menormalisasi Sungai Belasung tersebut, sejatinya ia bersama warga sangat menyambut baik.

Namun satu harapan ia mewakili warga di RT 4 terdampak, yakni pemerintah juga jangan tebang pilih dalam melakukan peneguran atau penindakan terhadap pemilik bangunan liar di atas Sungai Belasung.

"Kalau kami sebetulnya menyambut baik saja atas rencana itu. Makanya kami pun sudah membongkar bangunan di atas sungai, yang kini paling tersisa tinggal tiang-tiang aja lagi. Tapi pemerintah juga jangan tebang pilih melayangkan larangan tersebut. Karena selain di sini, di kawasan sana juga masih ada terusan Sungai Belasung," tutupnya.

Hal senada juga diungkapkan Bibah warga RT 4 Gang Kembang lainnya.

Pasalnya, dengan telah dinormalisasi Sungai Belasung nantinya selain menciptakan Sungai indah, juga bersih saat digunakan.

"Karena meskipun kami saat ini telah memiliki ledeng, peran sungai bagi kami masih sangat melekat dengan kehidupan sehari-hari. Makanya mudah-mudahan dengan telah dinormalisasi nanti, sungai yang saat ini kotor dengan sampah bisa kembali bersih," tutupnya.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved