Berita Regional

Pemkot Surabaya Jawa Timur Membongkar "Rahasia" Turunkan Suhu Udara 2 Derajat Celsius

Setiap rayon itu memiliki tim masing-masing yang tugasnya menjaga dan merawat setiap taman. Tim inilah yang biasanya mengganti tanaman atau bunga yang

Pemkot Surabaya Jawa Timur Membongkar
surya/habibur roman
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini ikut turun membenahi kondisi taman di sepanjang Jalan Raya Darmo dan Taman Bungkul Surabaya yang rusak diinjak-injak ribuan warga, Minggu (10/5/2014). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SURABAYA - Plt Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, saat ini suhu udara di Surabaya sekitar 28-29 derajat celcius.

Suhu udara di Kota Surabaya disebut-sebut menurun setiap tahun.

Banyaknya pembangunan ruang terbuka hijau membuat suhu udara di Surabaya turun 2 derajat celcius.

"Bu Risma meminta RTH ini terus ditambah, sampai suatu saat nanti, suhu Surabaya bisa mencapai 22 derajat celcius," kata Eri, Rabu (31/7/2019).

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pernah menyampaikan akan terus menambah ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Surabaya hingga mencapai 30 persen RTH untuk publik.

Target itu disebut sangat realistis mengingat Pemkot Surabaya terus memanfaatkan lahan-lahan kosong dan sempadan sungai untuk dijadikan taman.

"Target kami memang 30 persen luas wilayah Surabaya terdiri dari RTH untuk publik, supaya terus turun suhunya," kata Risma saat meninjau Taman Ngagel Surabaya, belum lama ini.

Eri menjelaskan, berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) PU nomor 05/PRT/M/2008 tentang Pedoman Penyediaan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan, diamanatkan bahwa proporsi RTH pada kawasan perkotaan minimal 30 persen.

Baca: Enam Kampus PTS di Jakarta Sedang Disasar Polisi, Diduga Jadi Tempat Peredaran Narkoba

Terdiri dari 20 persen RTH publik dan 10 persen RTH privat.

Sedangkan data RTH di Kota Surabaya hingga 2018 lalu, kata Eri, sudah mencapai 21,79 persen atau sama dengan 7.290,53 hektar dari luas wilayah Surabaya.

Halaman
123
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved