Berita Tanahbumbu

Kapolres Tanahbumbu Akan Tindak Tegas Penambangan Tanpa Izin Batu Bara : ''Kalau Ada Tak Sikat''

Gunawan menyebutkan, aktivitas Peti di Kalimantan Selatan dengan sebaran salah satunya Kabupaten Tanahbumbu, selain Tanahlaut dan Hulu Sungai Selatan.

man hidayat
Kapolres Tanahbumbu AKBP Kus Subiyantoro SIK 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BATULICIN - Pernyataan Kepala Bidang (Kabid) Mineral dan Batubara (Minerba) ESDM Provinsi Kalimantan Selatan Gunawan Harjito, bahwa aktivitas penambangan tanpa izin (Peti) masih ada berjumlah puluhan.

Gunawan menyebutkan, aktivitas Peti di Kalimantan Selatan dengan sebaran salah satunya Kabupaten Tanahbumbu, selain Tanahlaut dan Hulu Sungai Selatan.

Menyikapi pernyataan tersebut, anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPDR) Tanahbumbu H Bahsanuddin, dikonfirmasi melalui telepon enggan memberikan komentarnya.

"Jadi gini sekarang kan kewenangan tentang pertambangan tidak lagi di kabupaten. Kewenangan itu sudah menjadi kewenangan provinsi," kata Bahsanuddin.

Baca: Polres Tanalaut Tindaklanjuti Temuan Sidak KPK, Wali Kalsel Desak Bentuk Satgas Kejahatan Tambang

Baca: KPK Sidak Aktivitas Penambangan Liar di Tanahlaut, Pihak Polda Kalsel Mengaku Tak Tahu

Bahkan Bahsanuddin menyebutkan, Komisi III yang membindangi pertambangan saat ini tidak lagi bermitra dengan Dinas Pertambangan.

"Dinasnya pun sudah dihapus. Jadi ulun (saya) tidak bisa memberikan stattment itu. Karena ranahnya kami di Komisi III tidak lagi berhubungan dengan pertambangan," terang Bahsanuddin.

Sementara Ketua DPRD Tanahbumbu H Supiansyah ZA,SE.MH menegaskan, selama ini tidak ada aktivitas peti di Tanahbumbu.

Kapolres Tanahbumbu AKBP Kus Subiyantoro SIK, diminta tanggapannya melalui telepon genggamnya, kepada media menegaskan, akan menindak tegas apabila ada kegiatan Peti di Tanahbumbu.

"Kalau ada tak sikat," tegas Kus Subiyantoro singkat.

Terpisah, Kasat Reskrim AKP Alfian Tri Permadi mengatakan, pihaknya akan terus melakukan penindakan terhadap aktivitas peti.

"Kami bertindak, bersinergi dengan Dinas Kehutanan dan Dinas Pertambangan," kata Alfian.

BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah

Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved