Berita Banjarbaru

Tim Teratai Sisir Kawasan Banjarbaru, Mencari Orang Dengan Gangguan Jiwa

Tim teratai yang dibentuk oleh Satuan Polisi Pamong Praja Kota Banjarbaru langsung melakukan aksinya pertamanya setelah dibentuk.

Tim Teratai Sisir Kawasan Banjarbaru, Mencari Orang Dengan Gangguan Jiwa
HO/Satpol PP Banjarbaru
Tim Teratai Satpol PP Banjarbaru saat mengamankan ODGJ 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU - Tim teratai yang dibentuk oleh Satuan Polisi Pamong Praja Kota Banjarbaru langsung melakukan aksinya pertamanya setelah dibentuk.

Tim yang difungsikan untuk mencari dan mengawasi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) juga melibatkan dinas sosial Kota Banjarbaru.

Kasat Pol PP Banjarbaru, Marhain Rahman mengatakan tim Teratai memang baru dibentuk dan baru turun perdana ke lapangan Rabu, (31/7).

Tim khusus menangani ODGJ yang berkeliaran di Banjarbaru memang sengaja dibentuk dengan nama tim Teratai.

Sebelum ada tim teratai ini, pihaknya biasa menertibkan ODGJ juga, tapi belum ada tim khususnya.

"Tim Teratai beranggotakan tujuh orang. Meski diinisiasi Satpol PP, tim ini turut melibatkan pegawai Dinsos. Karena polemik ODGJ juga berkaitan erat dengan pihak Dinsos," katanya, Kamis, (1/8).

Baca: Kapolres Tanahbumbu Akan Tindak Tegas Penambangan Tanpa Izin Batu Bara : Kalau Ada Tak Sikat

Ditegaskannya tim ini fokusnya ke lapangan untuk menyisir ODGJ yang berkeliaran di Banjarbaru. Untuk penanganan dan pembinaan lebih lanjut tetap di Dinsos.

"Kita hanya mendukung dan melengkapi program dari Dinsos. Sebelum membentuk tim dan program ini, kita sudah berkoordinasi dengan Dinsos," ujarnya.

Marhain menyebutkan bahwa tim teratai sangat menjunjung visi memanusiakan manusia. Karena selama ini jarang ada pihak yang memerhatikan atau mengurus para ODGJ ini.

"Pola penanganan pun kita ubah. Biasanya hanya ditertibkan dan di bawa ke rumah singgah, kali ini beda. Kita coba tangani sebaik mungkin. Kita manusiakan ODGJ," tegasnya.

Halaman
12
Penulis: Aprianto
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved