Berita Kalteng

Walhi Sebut Lokasi Ibu Kota Negara di Kalteng Bukan Hutan Lindung, Siapkan 500 Ribu Ha Lahan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan akan mengumumkan lokasi Pemindahan Ibu Kota Negara Republik Indonesia dalam Bulan Agustus 2019 ini.

Walhi Sebut Lokasi Ibu Kota Negara di Kalteng Bukan Hutan Lindung, Siapkan 500 Ribu Ha Lahan
Banjarmasinpost.co.id/Faturahman
Kota Palangkaraya, Ibu Kota Kalimantan Tengah, sejak 62 tahun silam diwacanakan Presiden RI Pertama sebagai Ibu Kota Negara RI. Hal itu diungkapkan Soekarno saat peletakkan batu Pertama Pemancangan tiang Palangkaraya sebagai Ibu Kota Kalteng. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA -Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan akan mengumumkan lokasi Pemindahan Ibu Kota Negara Republik Indonesia dalam Bulan Agustus 2019 ini. Namun, belum dipastikan tanggal pengumuman pastinya.

Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara Republik Indonesia tersebut, semakin santer dibicarakan banyak kalangan, karena hanya ada dua Provinsi yang digaungkan akan dipilih sebagai Calon Ibu Kota Negara RI tersebut, yakni Kalteng dan Kaltim.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, telah menyiapkan lahan untuk pemindahan Ibu Kota Pemerintahan RI ke Kalteng hingga 500 ribu hektare dari sebanyak 40 ribu hektare lahan yang diminta oleh Bappenas sebagai salah satu syarat lokasi pemindahan perkantoran pemerintah pusat di lokasi tersebut.

Warga Kalteng pun, hingga Kamis (1/8/2019) semakin ramai membicarakan pemindahan tersebut, dan menyambut baik rencana pemindahan Ibu Kota RI ke Kalteng tersebut, sehingga ada pernyataan dukungan dari warga Kalteng terkait rencana pemindahan tersebut."Kami dukung penuh rencana itu, agar Kalteng lebih baik lagi pembangunannya," ujar Heru, salah satu tokoh muda Kalteng.

Baca: Live Indosiar! Prediksi & Live Streaming Bali United vs PSM Makassar di Liga 1 2019 Malam ini

Baca: Netizen Tanggapi Negatif Aksi Viral Penumpang Bermesraan di KRL Jabodetabek, Ini Kata PT KCI

Baca: Striker Timor Leste Pembobol Gawang Timnas U-15 Indonesia Diduga Usia 22 Tahun, AFF Siap Investigasi

Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran, memastikan lahan yang disiapkan tersebut merupakan lahan hutan produksi yang telah diteliti lokasinya memang layak untuk dijadikan lokasi perkantoran pemerintah pusat jika Kalteng memang dipilih sebagai Ibu Kota RI kedepannya."Kami siap jika Presiden memang menunjuk Kalteng sebagai lokasi Ibu Kota NKRI tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Walhi Kalteng, Dimas Novian Hartono, mengatakan, lokasi segi tiga emas yang dicadangkan sebagai rencana lokasi pembangunan Ibu Kota yang disiapkan oleh Pemprov Kalteng tersebut bukan hutan lindung, tatapi merupakan hutan produksi.

"Kami berharap dengan adanya rencana pemindahan Ibu Kota RI ke ke Kalteng tersebut, jangan nantinya memperparah kerusakan lingkungan di Kalteng yang sudah cukup parah dan belum ada solusinya hingga saat ini. Selayaknya dilakukan audit terhadap kerusakan lingkungan tersebut," ujarnya.

(banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved