Berita Banjarbaru

Hingga Agustus Tanahlaut Raih Rekor Terbanyak Karhutla, Segini jumlah dan luasannya

Januari- Agustus 2019 terekam luasan lahan yang paling sering terbakar adalah di kawasan Tanah laut dengan 58 kali

Hingga Agustus Tanahlaut Raih Rekor Terbanyak Karhutla, Segini jumlah dan luasannya
banjarmasininpost.co.id/ nurholis huda
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, mencoba pakai alat Semprot busa pada apel siaga Karhutla 2019 di Setdaprov 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Memasuki Agustus cuaca semakin panas. Prediksi BMKG kemarau di tahun ini akan semakin kering.

Hingga kini, terekam sudah banyak kejadian kebakaran hutan dan lahan yang terjadi dan ditangani oleh Satuan Tugas (Satgas) Karhutla bentukan BPBD Kalsel.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kalsel, Wahyuddin Noor menjelaskan dari Januari- Agustus 2019 terekam luasan lahan yang paling sering terbakar adalah di kawasan Tanah laut dengan 58 kali kejadian disusul, 51 kali kejadian di Banjarbaru dan Balangan 13 kali kejadian.

Kalau berdasar data luasan kebakaran, Tanah Laut dan Banjarbaru hampir sama seluas 69,6 hektar luasan lahan yang terbakar.

Baca: Klasemen Liga 1 2019, Jumat (2/8) Pasca Persebaya vs Persipura 1-0 & PSIS vs Tira Persikabo 0-2

Baca: Lima Titik Udara di Banjarbaru Diambil Sampel, Kepala Dinas LH Sirajoni Jelaskan Begini Hasilnya

Baca: Atasi Kenakalan Remaja, Tim Pandu Sasar Pelajar Bolos di Banjarbaru

Baca: Gelombang Setinggi 4 Meter Sulitkan Pencarian Nelayan KM Pieces

Dibawah itu ada Balangan 26 hektar dan Tabalong 23 hektar luasan lahan yang telah terbakar dari rekapan setahun hingga bulan ini.

Guna menekan agar kebakaran tidak terlalu meluas dan masive, BNPB belum lama tadi mengirim orang untuk mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan.

Direktur Pnanganan BNPB, Johny Sumbung menjelaskan Kalsel ini adalah semua prioritas karena itu disiagakan petugas TNI Polri yang didatangkan dari pusat jumlahnya 1512. Dimaksudkan bukan hanya memadamkan api saja, akan tetapi mereka ditugaskan untuk mengingatkan dan mencegah agar jangan sampai terjadi api di sekitar wilayah dia bertugas.

"Untuk heli sudah ada tiga, satu yang baru datang ada untuk heli patroli. Sementara ini masih terkendali. ini supaya efisiensi. Ini bertahap, jadi diproses bantuan heli ini disesuaikan ddngan kebutuhan yang ada," kata John Sumbung.

Kasus Hukum Turun

Penanganan penegakan hukum Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) selama 2015-2019 yang ditangani Satuan Tugas (Satgas) Hukum ada kenecderungan tren menurun.

Halaman
12
Penulis: Nurholis Huda
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved