Berita Tapin

Karhutla Hari Ini Berkobar di Tapin Selatan, Hanguskan lahan Tidur Seluas 7 Hektare

Kebakaran lahan terus terjadi di Tapin, Hari ini lahan tidur seluas 7 hektare hangus terbakar

Karhutla Hari Ini Berkobar di Tapin Selatan, Hanguskan lahan Tidur Seluas 7 Hektare
Dari BPBD Tapin untuk BPost
Kebakaran lahan masih melanda Kabupaten Tapin di Kecamatan Tapin Tengah,Jumat (2/8/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Bencana kabut asap akibat dari kebakaran hutan dan lahan di  Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) terus mengancam menyusul kebakaran lahan yang terjadi di daerah ini.

Petugas gabungan pemadam kebakaran Kabupaten Tapin pun masih harus berjibaku menaklukan api di titik koordinat : 3.0036S 115.0933E wilayah Kecamatan Tapin Selatan.

Informasi dihimpun reporter Banjarmasinpost.co.id dari laporan harian Pusdalops BPBD Kabupaten Tapin, titik api itu muncul di sebuah lahan tidur di Desa Lawahan Dusun Matang Asam, Jumat (2/8/2019).

Petugas pemadam di darat mengalami kendala karena lahan yang terbakar meliputan kawasan luas hingga diperkirakan tujuh hektare.

Baca: Puluhan Siswa Madrasah di Tanahlaut Ini Belajar di Ruangan yang Rusak Parah, Begini Kondisinya

Baca: Ini Doa Gempa Bumi, Simak Update Gempa Banten yang Disebut Berpotensi Tsunami

Baca: Hasil Latihan Bebas (FP2) MotoGP Ceko 2019, Fabio Quartararo Tercepat, Valentono Rossi di Posisi Ini

Baca: Balogo Ramaikan Peringatan HUT RI ke-74 di Baharu Utara, Bhabinkamtibmas Ini Berbaur Jadi Peserta

Itu petugas gabungan melakukan pemadaman secara manual dengan cara kepyok ranting pohon karena sumber air dari titik api lumayan jauh.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tapin, H Nordin mengakui potensi kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Tapin, terjadi setiap hari di sejumlah lokasi.

"Hari ini titik api muncul di Kecamatan Tapin Selatan. Malam kemarin juga petugas melakukan pemadaman," katanya usai menghadiri pembukaan Tapin Art Festival di RTH Rantau Baru.

Nordin mengaku saat ini sudah terbentuk posko penanggulangan Karhutla dan Pusat Informasi Bencama Karhutla di Kantor BPBD Kabupaten Tapin.

Dua posko terbentuk, posko 1 dipimpin Danramil Tapin Tengah, Kapten Czi Kamerani dan Posko 2 dipimpin Danramil Bungur, Kapten Inf Zaenal Arifin.

Posko 1 beralamat di Desa Masta Kecamatan Bakarangan, rumah Kepala Desa Masta, Matoni dan Posko 2 beralamat di Desa Papagan Makmur Kecamatan Tapin Tengah di rumah Kepala Desa Papagan Makmur, Ardiansyah.

Koordinator Posko 1, Kapten Czi Kamerani mengaku di wilayah Desa Masta, sementara ini aman dari peristiwa kebakaran lahan.

Baca: 17 Wilayah Potensi Tsunami Imbas Gempa 7,4 SR di Banten, Warga Jakarta & Bogor Panik

Baca: Hasil Persebaya vs Persebaya di Liga 1 2019, Skor di Babak Pertama 1-0, Gol Irfan Jaya!

Baca: Jadwal & Niat Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah dan Arafah Jelang Idul Adha 2019, Simak Keutamaannya

Namun, antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya kebakaran lahan, Kapten Czi Kamerani mengaku melaksanakan sosialiasi agar tidak terjadi bencana kebakaran lahan dan hutan.

Selama awal Agustus ini, peristiwa di Desa Lawahan merupakan kebakaran kali ketiga. Sebelumnya, kebakaran lahan terjadi di Desa Bahalang, Kecamatan Tapin Tengah, seluas delapan hektare.

(banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved