Berita Banjarmasin

SELAMAT ULTAH KE 48 BANJARMASIN POST - Terus Berkarya untuk Melayani Banua

2 Agustus 1971, saya bersama sahabat Djok Mentaya dan Yustan Azidin menerbitkan koran Banjarmasin Post, bukan dengan modal finansial berlimpah.

SELAMAT ULTAH KE 48 BANJARMASIN POST - Terus Berkarya untuk Melayani Banua
Banjarmasin Post
Pemimpin Umum Banjarmasin Post Group H (G) P Rusdi Effendi AR. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - 2 Agustus 1971, saya bersama sahabat Djok Mentaya dan Yustan Azidin menerbitkan koran Banjarmasin Post, bukan dengan modal finansial berlimpah. Didukung sejumlah profesional, kami lebih mengutamakan semangat membangun Banua melalui informasi yang mencerdaskan.

Semangat itulah yang menjadi modal abadi Banjarmasin Post hingga bertahan 48 tahun. Tentu jalan panjang itu tidak mulus kami lalui. Banyak tantangan yang harus kami hadapi agar kami tetap menyuarakan keadilan, kebenaran dan demokrasi.

Termasuk dalam beberapa tahun terakhir, kami harus menghadapi situasi berubahnya perilaku masyarakat mengakses informasi. Belakangan, informasi tidak hanya tersaji melalui kertas (koran), tapi juga hadir lewat televisi yang sempat menjadi jangkar keluarga. Informasi juga secara mudah melalui personal computer (PC) dan laptop yang menjadi piranti wajib bekerja.

Belakangan, tabiat mengakses informasi bergeser ke smartphone. Piranti ‘bisa apa saja’ yang sudah menjadi keperluan primer setiap warga, bahkan balita.

Perubahan perilaku itu tidak kami respon dengan berperang melawannya. Tapi Banjarmasin Post memilih merangkul dan menjadikannya sarana untuk tetap menyuarakan keadilan, kebenaran dan demokrasi.

Suara-suara yang kami salurkan melalui media website, sosial media (Instagram, Facebook, Youtube) dan melalui chanel tulisan serta gambar (foto dan video) itu, tetap kami jaga marwahnya dalam koridor prinsip karya jurnalistik. Karena itu, kami selalu berusaha sekuat tenaga untuk tidak berkompromi dengan perilaku sebagian warga yang terlalu gampang menyebarkan informasi tak terkonfirmasi.

Pada saat bersamaan, ketika ‘berkawan’ dengan perubahan, bukan berarti meninggalkan kertas yang telah kami akrabi sejak 48 tahun lalu. Banjarmasin Post tetap menyuarakan keadilan, kebenaran dan demokrasi melalui koran. Tentu saja, produk jurnalistik untuk platform ini kami sajikan secara mendalam, karena ‘informasi awal’ sudah banjir di platform digital.

Upaya itulah yang membuat dua platform (cetak dan digital) Banjarmasin Post berjalan beriringan dan akan semakin mantap menyongsong usia setengah abad.

Buktinya, meski 1,2 juta orang (visits) per hari sudah membaca 3,5 juta halaman (pageview) website kami, banjarmasinpost.co.id (rata-rata pada periode 1 januari – 31 Juli 2019), namun 20 ribu lebih eksemplar koran cetak kami tetap dibaca lebih dari 100 ribu orang di Banua.

Meski lebih dari 200 ribu follower Instagram kami (@banjarmasinpost), lebih dari 100 ribu likers Facebook kami (BPost Online) dan sekitar 18 ribu subscriber Youtube kami (Banjarmasin Post News Video) setiap saat sudah mengakses informasi yang kami sajikan, namun seratusan ribu warga Banua tetap menunggu informasi detail yang kami sajikan melalui koran cetak.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved