Berita Tanahlaut

Memasuki Musim Kemarau, PDAM Tanahlaut Pastikan Distribusi Air Baku Hingga Oktober

Memasuki musim kemarau, PDAM Tanahlaut mulai mengoptimalisasi distribusi air di wilayah berjuluk bumi tuntung pandang ini.

Memasuki Musim Kemarau, PDAM Tanahlaut Pastikan Distribusi Air Baku Hingga Oktober
Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti
Direktur PDAM Tanah Laut, Eko Sugiharto 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Memasuki musim kemarau, PDAM Tanahlaut mulai mengoptimalisasi distribusi air di wilayah berjuluk bumi tuntung pandang ini.

Disampaikan oleh Direktur PDAM Tanahlaut, Eko Sugiharto, pihaknya melakukan upaya untuk ketersedian air bersih nantinya. Khususnya pada Kota Pelaihari dan beberapa kecamatan yang sudah menjadi pelanggan PDAM Tanahlaut.

"Dalam upaya optimalisasi ini, kami mengandalkan SPAM PTPN XIII Pelaihari di bendungan PTPN dan SPAM yang ada di Kecamatan Bajuin serta pengolahan air baku di wilayah Tabunio," ucap Eko, Jumat (2/8/2019).

Belajar dari tahun sebelumnya, Eko mengatakan sempat ada pengurangan debit air sampai 40 persen pada musim kemarau. Namun itu juga tergantung lamanya prediksi kemarau berlangsung.

Baca: Hasil FP1 MotoGP Ceko 2019 - Dovizioso Jadi yang Tercepat, Marc Marquez?

Baca: Perbanyak Rambu di Kota Banjarmasin Agar Sopir Tak Bingung

Baca: Merasa Bersalah, Ibu Pembuang Orok ke Sungai di Banjarmasin Menyerahkan Diri

Sementara pada tahun ini paparnya, hingga Bulan Oktober mendatang, ketersediaan air bersih masih normal, yakni distribusi sebanyak 100 liter perdetik.

Lantas, kekurangan air bersih papar Eko tentu akan menjadi perhatian bagi pemerintah. Sehingga sejumlah usaha pun ujarnya akan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Termasuk dilakukannya normalisasi sungai dan bendungan.

"Apabila nanti air baku terbatas, paling tidak, masih ada air bersih yang bisa dialirkan. Sehingga tidak mati sama sekali," jelasnya.

Sebagaimana diketahui pula jelas Eko, musim kemarau yang membuat keterbatasan air bersih terjadi pada beberapa daerah. Bukan hanya Tanahlaut saja. Namun upaya agar pelanggan tetap mendapatkan air baku tersebut juga tak henti dilakukan.

Ia berharap, pada tahun 2019 ini, PDAM Tanah Laut bisa memberikan pelayanan lebih optimal. Apalagi jelasnya sejak 2016 lalu, PDAM juga telah dibantu oleh Pemkab Tanahlaut melalu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Tanahlaut untuk membangun SPAM yang baru.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved