Berita Kabupaten Banjar

Pejabat Kantor Pajak Blusukan ke Ponpes di Martapura, Laksanakan Tax Goes To School

Sejak setahun terakhir Kantor Penyuluhan Pajak dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Martapura, Kabupaten Banjar intens blusukan ke lingkungan pondok

Pejabat Kantor Pajak Blusukan ke Ponpes di Martapura, Laksanakan Tax Goes To School
KP2KP Martapura
Santri Ponpes Hidayatullah bersama pengasuh dan pengajar berpose bersama jajaran KP2KP Martapura usai sosialisasi dini tentang perpajakan, dua hari lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Sejak setahun terakhir Kantor Penyuluhan Pajak dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Martapura, Kabupaten Banjar intens blusukan ke lingkungan pondok pesantren (ponpes).

"Kami melaksanakan acara Tax Goes To School (TGTS) yang memang sasarannya ponpes. Kegiatan ini berjalan sejak tahun lalu," ucap Kepala KP2KP Martapura Nirwan Antariksa, Sabtu (03/08/2019).

Ia menuturkan volume kegiatan tersebut tahun ini sebanyak dua kali. Kegiatan pertama telah dilaksanakan Kamis (01/08/2019) kemarin di Ponpes Hidayatullah, Martapura.

Nirwan menuturkan kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kesadaran dini generasi muda terhadap pentingnya pajak. Dengan begitu kelak mereka memiliki kesadaran dan ketaatan tinggi membayar pajak. Termasuk bisa turut membantu menyosialisasikan tentang arti penting pajak.

Baca: Jenis Kelamin Anak Paula Verhoeven & Baim Wong Diketahui? Dokter Ini Marah ke Teman Agung Hercules

Baca: Mirip Ria Ricis, Inilah Youtuber Cantik Asal Kandangan, Idang Raih 850.000 Subscriber Game Freefire

Baca: LINK Live Streaming Thailand Open 2019 Babak Semifinal di Badminton Thailand Official, Marcus/Kevin?

Itu sebabnya kegiatan TGTS tersebut bertema Muda Sadar Pajak Dewasa Taat Pajak. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan itu di Ponpes Hidayatullah sebanyak 60 orang santri yang dipilah dalam enam kelompok. Seluruhnya santri jenjang aliyah (setara SMA).

Dikatakannya, TGTS telah jadi program rutin unit vertikal Direktorat Jenderal Pajak sebagai sarana inklusi dan edukasi pajak kepada generasi muda. "Nah, dalam hal ini KP2KP Martapura memfokuskan kegiatan itu di pesantren," tandas Nirwan.

Tahun lalu, lanjutnya, KP2KP tiga mengadakan kali TGTS yaitu di Pesantren Darussalam, Pesantren Darul Hijrah Putra, dan Pesantren Darul Hijrah Putri.

"Kalau tahun ini dua kali. Kegiatan TGTS kedua kalau tak dalam bulan ini (Agustus), mungkin pada September mendatang," beber Nirwan.

Pihaknya sengaja memilih ponpes untuk sosialisasi TGTS mengingat lingkungan ponpes belum banyak tersentuh. Apalagi di Kota Martapura jumlah ponpes cukup banyak mencapai 33 lembaga, jauh melampaui lembaga pendidikan formal. Jumlah santrinya pun umummya lumayan banyak mengingat kehidupan warga di Kabupaten Banjar yang religius.

Dalam materi inklusi pajak tersebut, Nirwan menyatakan pembangunan yang dilaksanakan memerlukan dana sebagai sumber pendapatan di APBN 2019.

Halaman
12
Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved