Berita Kalteng

Asap Palangkaraya Makin Tebal Bikin Sesak Dada, Jemaah Haji Doakan Kalteng dari Tanah Suci

Kebakaran lahan di Provinsi Kalimantan Tengah semakin meluas dan belum bisa teratasi.

Asap Palangkaraya Makin Tebal Bikin Sesak Dada, Jemaah Haji Doakan Kalteng dari Tanah Suci
istimewa
Petugas berusaha memadamkan kebakaran lahan di salah satu titik di Palangkaraya, Sabtu (3/8/2019) malam. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Kebakaran lahan di Provinsi Kalimantan Tengah semakin meluas dan belum bisa teratasi. Akibatnya, kabut asap di Bumi Tambun Bungai semakin tebal hingga mengganggu pernafasan.

Upaya pemadaman terus dilakukan dari jalur darat menggunakan mobil damkar maupun dari jalur udara menggunakan helikopter water Boombing yang disewa oleh BNPB.

Hujan pun sejak sebulan terakhir tidak tampak turun mengguyur Kalteng, jika pun ada disebagian wilayah Kalteng yang diguyur hujan, tidak secara terus menerus dan intensitas rendah, sehingga hujan tanggung yang menguyur Palangkaraya malah membuat lahan gambut yang terbakar makin mengeluarkan asap.

Kondisi ini membuat jemaah haji di tanah suci mengkhawatirkan sanak saudara dan rekan yang ada di Kalimantan Tengah sehingga sebagian dari mereka mendokan dari tanah suci agar kebakaran hutan dan lahan bisa segera diatasi.

Salah satu jemaah haji Kalteng, Heru Hidayat, mengungkapkan, dia prihatin dengan kondisi kebakaran lahan di Kalteng, khususnya Palangkaraya, sehingga setelah beragam upaya dilakukan, juga do'a dilakukan agar terhindar dari musibah dan bencana, termasuk untuk mengurangi terjadinya kebakaran lahan dan hutan yang ada di Kalimantan Tengah.

Menurut Ketua PKS Kalteng ini, upaya menjaga agar tidak terjadi kebakaran lahan dan hutan tersebut haruslah dilakukan oleh semua pihak elemen masyarakat.

Oleh karena itu selain upaya memadamkan juga perlu dilakukan dengan berdo'a agar tidak menjadi musibah atau bencana.

Ketua Umum PKS Kalteng, Heru Hidayat (tengah).
Ketua Umum PKS Kalteng, Heru Hidayat (tengah). (istimewa)

"Pada momentum Haji tahun 2019 ini saya mengajak dan berharap agar seluruh jemaah haji dari Kalimantan Tengah khususnya dan Indonesia umumnya mendoakan agar Indonesia terhindar dari musibah dan bencana," ujarnya.

Saat ini kita dihadapi pada situasi berbagai potensi musibah dan bencana, termasuk diantaranya kebakaran lahan dan hutan oleh pihak tidak bertanggungjawab dan berdampak negatif secara meluas bagi masyarakat.

"Bagi para jemaah Haji bisa mendoakan agar segera teratasi dan masyarakat terhindar dari dampak bahaya kebakaran tersebut," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved