Berita Kalteng

Total Lahan Terbakar Kalteng Capai 1.296 ha, Kebakaran Lahan Terbanyak Ada di Empat Wilayah ini

Bahkan, berdasarkan data Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Karhutla Kalteng, hingga saat ini total lahan terbakar mencapai 1.296 hektare lebih.

Total Lahan Terbakar Kalteng Capai 1.296 ha, Kebakaran Lahan Terbanyak Ada di Empat Wilayah ini
tribunkalteng.co/fathurahman
Helikopter pembom air dari Rusia, untuk pemadaman dari udara dan satu helikopter pemantau saat ini beroperasi melakukan pemadaman lahan di Kalteng, helikopter saat parkir di apron Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya, Kalteng Minggu (4/8/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Kebakaran lahan yang terjadi di Kalimantan Tengah masih saja terjadi.

Bahkan, berdasarkan data Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Karhutla Kalteng, hingga saat ini total lahan terbakar mencapai 1.296 hektare lebih.

Semakin parahnya kebakaran lahan di Kalteng mendapat perhatian serius Kepala BNPB, Letjend Doni Monardo yang Minggu (4/8/2019) datang ke Palangkaraya untuk melakukan pemantauan langsung dan memberikan semangat kepada petugas pemadam kebakaran di Kalteng dalam menjalankan tugasnya.

Kepala BNPB melakukan rapat koordinasi penanganan darurat Bencana Kebakaran Hutan dan lahan Provinsi Kalimantan Tengah di VIP Room Isen Mulang Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya, bersama jajaran terkait di Kalteng.

Baca: Galih Ginanjar Malah Bongkar Jasanya ke Ayah Fairuz A Rafiq, Video Suami Barbie Kumalasari Viral

Baca: 5 Fakta Terbaru Ahok BTP Setelah Nikahi Puput Nastiti Devi, Berkaitan dengan Veronica Tan?

Baca: Perasaan Pilu Anak Agung Hercules Saat Sang Ayah Meninggal, Sosok Ini Ungkap Firasat Terakhir

Baca: Cerita Roger Danuarta Setelah Lamaran dengan Cut Meyriska, Berikan Benda Ini ke Calon Istri

"Saya datang ke sini hanya untuk memberikan semangat kepada kawan-kawan petugas pemadam kebakaran di Kalteng," ujarnya.

Dia mengatakan dari laporan yang diterimanya dari sekian banyak lahan terbakar yang disebabkan oleh manusia, ada dua lahan koorporasi yang juga terbakar.

"Jika ini penyebabnya adalah kesalahan manusia maka harus diusut, karena berdasarkan informasi, 99 persen kejadian kebakaran lahan dan hutan akibat ulah manusia, ini harus diusut tuntas," ujarnya.

Sementara itu, Dansatgas Karhutla Kalteng, Kolonel Syaiful Rizal, mengatakan, pihaknya telah melakukan pemetaan lahan daerah yang sangat rentan terbakar yang hingga saat ini luas lahan terbakar mencapai 1.296 hektare dari sebanyak 222 kali terjadi kebakaran lahan di Kalteng.

Komandan Korem 102 Panju Panjung ini, juga menyebutkan, peta lokasi daerah kebakaran lahan (fire spot) terbanyak yakni di Kotawaringun Timur, Kotawaringin Barat, Palangkaraya dan Pulangpisau yang lainnya relatif sedang.

"Luasan lahan terbakar mencapai 1.296 hektare dan sebaran hotspot sebanyak 1.299 titik," ujarnya.

banjarmasinpost.co.id /faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved