Berita Tabalong

Warga Kambitin Tabalong Nyalakan Kompor Biogas dari Kotoran Sapi

Kabupaten Tabalong memiliki banyak peternak sapi, dan hal itu bisa dimanfaatkan dengan pembuatan biogas menggunakan kotoran sapi.

Warga Kambitin Tabalong Nyalakan Kompor Biogas dari Kotoran Sapi
banjarmasinpost.co.id/reni kurniawati
Peternakan sapi di Kambitin Raya, Tabalong. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Kabupaten Tabalong memiliki banyak peternak sapi, dan hal itu bisa dimanfaatkan dengan pembuatan biogas menggunakan kotoran sapi.

Seperti yang dilakukan salah satu warga Desa Kambitin Raya Kabupaten Tabalong. Amat salah satu warga yang memiliki beberapa ekor sapi yang diternakkan dibelakang rumahnya.

Dirinya beternak sapi sejak belasan tahun, di Desa Kambitin memang cukup banyak peternak sapi karena banyak terdapat padang rumput yang digunakan untuk pakan sapi.

Sebelumnya Amat hanya menggunakan kotoran sapi sebagai pupuk kandang, beberapa tetangga sering meminta untuk dijadikan pupuk. Namun setelah mendapat penyuluhan dari penyuluh dirinya saat ini berupaya untuk mengembangkan biogas.

Baca: Diduga Karena Cemburu, Khairudin Warga Pengambau HST Tabas Tetangganya Abdul Gafar

Baca: 4 Tahun Mangkrak, Patung Naga di Kutai Kartanegara Jadi Olokan Masyarakat, Begini Tanggapan Sekda

Bidang Peternakan Kabupaten Tabalong drh Saswoko mengatakan pembuatan biogas memang saat ini mulai coba dilakukan dibeberpa tempat. Pembuatan biogas prinsipnya menampung gas metan yang terkandung dalam kotoran sapi.

"Kotoran sapi yang terkumpul akan menghasilkan gas metan, dan dipisahkan dengan bagian atas digester dan alirkan melalui pipa paralon, gas ini lah yang digunakan untuk bahan bakar seperti kompor atau lampu petromak.

"Gas metan yang sudah dimurnikan dengan alat tertentu bisa juga digunakan untuk menghidupkan genset, kami sedang berusaha untuk membangun tersebut di daerah yang terdapat banyak peternak sapi," ujarnya.

Di desa Kambitin Raya sendiri juga baru saja akan dikembangkan, wadah penampung dan installasi paralon juga telah dipasang dan akan ditindaklanjuti. (Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved