Bumi Antaluddin

Haul Syekh Samman, Wabup Hulu Sungai Selatan Ajak Jemaah Mengenal Sosok Ulama Ini

Puluhan ribu umat Islam dari berbagai penjuru Hulu Sungai Selatan (HSS) menghadiri haul Qutbul Akhwan Al-Arif Billah Al Habib Muhammad Bin Abdul Karim

Haul Syekh Samman, Wabup Hulu Sungai Selatan Ajak Jemaah Mengenal Sosok Ulama Ini
Humas dan Protokol HSS
Wabup HSS (Peci hitam), bersama para habaibdari Makkah, didampingi Guru Syairaji dan para jemaah menuju masjid Ar Raudhah Kandangan, Jalan AL Falah, Hulu Sungai Selatan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN- Puluhan ribu umat Islam dari berbagai penjuru Hulu Sungai Selatan (HSS) menghadiri haul Qutbul Akhwan Al-Arif Billah Al Habib Muhammad Bin Abdul Karim As- Seman Al Madani di Masjid Ar Raudhah jalan Al Falah Kandangan, yang dilaksanakan Sabtu (3/8/2019). Masyarakat antusias menghadiri peringatan mengenang beberapa tahun wafatnya ulama kelahiran Madinah tersebut.

Kegiatan haul diawali pembacaan syair maulid dan pembacaan ayat suci Al Qur’an yang dilantunkan Syeikh Asal dari Mekkah. Dilanjutkan pembacaan Manaqib Syech Semman Al Madani oleh Tuan Guru KH Ahmad Syairaji, pengasuh Ponpes Dalam Pagar Kandangan yang juga Pimpinan Majelis Raudhatul Ghanna Annabawiyyah. Haul juga diisi tausiyah yang disampaikan oleh Dr Al Habib Basim bin Ahmad Al Atthos dari Mekkah, dosen Universitas Ummul Qurro' Mekkah.

Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Bupati HSS H Syamsuri Arsyad, jajaran pemerintahan HSS, unsur Forkopimda KHSS serta para Habaib dan para m ulama di HSS. Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad yang membacakan sambutan Bupati HSS menyampaikan, haul Syeikh Samman merupakan bentuk kecintaan terhadap para ulama pendahulu.

Wabup Hulu Sungai Selatan (berpeci) di tengah padatnya jemaah bersama habaib dari Makkah
Wabup Hulu Sungai Selatan (berpeci) di tengah padatnya jemaah bersama habaib dari Makkah (Humas dan Protokol HSS)

Untuk itu peringatan menjadi penting agar terus dipertahankan, selain mengenang para ulama yang telah tiada juga mengenalkan kepada generasi muda sosok-sosok ulama besar yang berperan dalam dakwah Islam. Lebih penting lagi dalam mengingat dan mencintai para wali Allah kata Syamsuri dapat menjadi pengendali dalam hidup setelah mengambil teladan akhlak para ulama. “Kita akan memiliki teladan dalam berakhlak, dimana para ulama sebagai pewaris para Nabi juga meneladani akhlak Rasulullah Muhammad SAW,” ujarnya.

Wabup menambahkan, melalui haul, jemaah dapat hikmah dan pelajaran tentang bagaimana kemuliaan para wali Allah SWT, dalam kehidupan sehari -hari. Seperti diketetahui, Syekh Semman Al Madani merupakan guru Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjary, Datu Kalampayan yang terkenal sebagai ulama asal Kabupaten Banjar, pengarang Kitab Sabilal Muhtadin.

Wabup HSS memberikan kata sambutan mewakili Bupati HSS, pada kegiatan haul Syekh Samman yang dihadiri puluhan ribu jemaah
Wabup HSS memberikan kata sambutan mewakili Bupati HSS, pada kegiatan haul Syekh Samman yang dihadiri puluhan ribu jemaah (Humas dan Protokol HSS)

Syekh Samman wafat Rabu 2 Dzulhijjah 1189 Hijriah, dan dimakamkan di pemakaman Baqi’ berdampingan dengan maqam para istri Rasulullah SAW.Kemasyhuran Syekh Samman Al Madani di kalangan masyarakat Banjar sudah berlangsung lama, karena hubungan emosionalnya dengan Syekh Muhammad Arsyad al-Banjary yang bermakan di Kalampaian, KAbupaten Banjar, Kalsel. (AOL/*)

Penulis: Hanani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved