Berita Kalteng

Jelang Idul Adha, Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Sosialisasikan Penanganan Hewan Kurban

Jelang Hari Raya Idul Adha, Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas menggelar sosialisasi penanganan hewan kurban

Jelang Idul Adha, Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Sosialisasikan Penanganan Hewan Kurban
tribunkalteng.co/fadly
Sosialisasi penanganan hewan kurban yang dilaksanakan Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Senin (5/8/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Jelang Hari Raya Idul Adha, Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas menggelar sosialisasi penanganan hewan kurban, Senin (5/8/2019).

Sebanyak 50 peserta mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di Permata Inn Jalan Cilik Riwut Kapuas.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Anjono Bhakti.

Peserta yang hadir yakni dari lembaga, yayasan, masjid, musala, dinas instansi terkait, badan, sekolah dan lainnya yang akan melaksanakan pemotongan hewan kurban.

Narasumber saat sosialisasi ada empat orang diantaranya dari Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Provinsi Kalteng, drh Masrifah, yang menyampaikan materi mengenai kebijakan zoonosis penanganan hewan kurban.

Baca: Muncul di Google Maps, Masalah Pemadaman Listrik di Jawa dan Bali Jadi Peringatan SOS

Baca: Lewat Color On Me, Kang Daniel Cetak Rekor Album Solo Terlaris, Segini Jumlah Album yang Terjual

Baca: Sering Pamer Kekayaan, Barbie Kumalasari Tepergok Beli Barang Diskonan, Lihat Belanjaan Istri Galih

Baca: Keberuntungan Fantastis Maia Estianty Jika Maafkan Mulan Jameela Soal Ahmad Dhani Diungkap Sosok Ini

Lalu dari Kemenag Kabupaten Kapuas, Kasi Bimas Islam, M Poteran Sosilo yang menyampaikan materi tata cara penyembelihan hewan kurban yang sesuai syariat Islam

Selanjutnya, Kasi Keswan Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, drh Anik Ariswandani dan terakhir dari UPTD Rumah Potong Hewan Medik Veteriner Muda, drh Susilo yang menyampaikan masalah kesejahteraan hewan dan penanganan daging.

"Agenda kegiatan hari ini yaitu sosialisasi penanganan hewan kurban tahun 2019 yang dilaksanakan Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan," kata Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan di Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Tati Inderawati.

Dilanjutkannya, tujuan dari pelaksanaan sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman khususnya panitia pelaksana yang melaksanakan penyembelihan hewan kurban.

Pemahaman mengenai tata cara penyembelihan yang halal, mengenai penanganan hewan sejak ternak hidup sampai disembelih sampai dengan didistribusikannya daging.

"Dengan harapan persyaratan teknis terpenuhi, mengurangi atau mengantisipasi adanya penularan penyakit hewan ke manusia atau disebut dengan zoonosis," bebernya.

Selain itu, lanjutnya, tujuan sosialisasi ini juga untuk mempermudah pihaknya memperoleh data sehingga pada saatnya nanti mempermudah tim terpadu yang turun saat pengecekan.

"Biasanya kami melaksanakan kegiatan pemeriksaan hewan sebelum disembelih yang namanya pemeriksaan Anti Mortem dilaksanakan satu hari sebelum hewan di sembelih. Untuk tahun ini kan, Hari Raya Idul Adha pada hari Minggu 11 Agustus 2019, sehingga tim turun mulai Sabtu, Hari H, Hari kedua Idul Adha," pungkasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved