Berita HSS

KTP Elektronik Bakal Berfungsi Sebagai Kartu BPJS dan ATM, Kadis Dukcapil HSS Sosialisasikan ke ASN

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Hulu Sungai Selatan mengimbau seluruh aparatur dari tingkat Desa, Kelurahan, Kecamatan hingga Kabupaten

KTP Elektronik Bakal Berfungsi Sebagai Kartu BPJS dan ATM, Kadis Dukcapil HSS Sosialisasikan ke ASN
Protokol dan Kehumasan HSS
Para ASN HSS saat apel gabungan Senin (5/8/2019) di Kantor Bupati HSS. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Hulu Sungai Selatan mengimbau seluruh aparatur dari tingkat Desa, Kelurahan, Kecamatan hingga Kabupaten agar mengajak masyarakat HSS segera melengkapi dokumen-dokumen kependudukan dan pencatatan sipil.

Sebab, kedepan dokumen kependudukan, salah satunya KTP elektonik bakal menjadi multifungsi.

“Selain sebagai KTP, juga bakal berfungsi sebagai kartu BPJS, ATM serta semua yang mencakup pelayanan publik,”kata Kepala Dinas Dukcapil HSS Suriani, saat menjadi Pembina apel gabungan ASN HSS untuk Agustus 2019, di halaman Kantor Bupati HSS, Senin (5/8/2019). Apel tersebut juga diikuti Sekda HSS HM Noor, para pejabat tinggi pratama, pejabat administrator serta pejabat pengawas dan para pegawai aparatur sipil negara (ASN).

Suryani menjelaskan, sadar menggunakan dan memanfaatkan data kependudukan dan pencatatan sipil merupakan salah satu upaya dalam rangka Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan. Dokumen kependudukan juga dimanfaatkan dalam hal perencanaan pembangunan, penganggaran serta kebutuhan data untuk Pemilu, pengamanan dan pertahanan keamanan.

Baca: Mulai Hari Ini, Pemprov Bebaskan Bea Balik Nama Kendaraan, Sambut HUT RI dan Provinsi Kalsel

Baca: Ketika Fans Bersedih, Ammar Zoni dan Irish Bella Malah Begini Setelah Sinetron Cinta Tamat

Baca: Natasha Rizky Tak Panik Listrik Padam, Malah Edukasi Anaknya Bagaimana Hidup Tanpa Listrik

Beberapa hal yang dilakukan kedepan, jelas Suryani antara lain pembuatan akta kelahiran secara online dan pembuatan Kartu Identitas Anak yang bisa mendaftar via Whats,s Up. Dengan begitu, tidak perlu lagi datang ke kantor untuk pembuatan akta kelahiran dan KIA karena bisa didaftarkan secara online di rumah, sehingga pelayanan lebih cepat.

“Terkait dokumen kependudukan, pada 2020 mendatang akan ada ATM Pelayanan yang disebut ATM Dokumen Kependudukan. Jika ingin memprint out atau mencetak akta kelahiran dan kartu keluarga cukup datang ke box-box ATM Dokumen Kependudukan, yang tersedia di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil,” kata Suriani.

Usai apel, Sekda HSS H Muhammad Noor, menyerahkan Surat Keputusan (SK) purna tugas, Tali asih dari Korpri Kabupaten HSS kepada Sekretaris DPRD Kabupaten HSS H Zulkifli Taufik,yang memasuki usia pensiun.
(banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved