Berita Jakarta

Presiden Jokowi Pertanyakan Rencana Cadangan PLN Saat Listrik Padam, Singgung Kasus Pemadaman 2002

Presiden Jokowi mendatangi kantor pusat PT PLN Persero untuk mempertanyakan soal pemadaman listrik pada Minggu (4/8/2019), yang berdampak besar.

Presiden Jokowi Pertanyakan Rencana Cadangan PLN Saat Listrik Padam, Singgung Kasus Pemadaman 2002
Istimewa/kompas.com
Presiden Joko Widodo, Jumat (21/6/2019) pagi, blusukan ke proyek pengerjaan runway di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Yang menarik dari blusukannya kali ini adalah, hari ini merupakan hari ulang tahun ke-58 dari Presiden Jokowi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Pemadaman listrik yang terjadi di Jabodetabek dan sebagian wilayah Jawa, Minggu (4/8/2019), mengakibatkan terganggunya pelayanan publik, seperti telepon, internet, LRT hingga MRT, jadi perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dilansir dari Kompas.com, Presiden Jokowi mendatangi kantor pusat PT PLN Persero untuk mempertanyakan soal pemadaman listrik pada Minggu (4/8/2019), yang berdampak besar terutama di Jakarta.

Jokowi heran, mengapa PLN seperti tidak bisa berbuat banyak saat pemadaman besar itu terjadi.

"Dalam sebuah manajemen besar seperti PLN mestinya, menurut saya, ada tata kelola risiko-risiko yang dihadapi," ucap Jokowi kepada direksi PLN.

"Dengan manajemen besar tentu saja ada contingency plan, backup plan (rencana cadangan). Pertanyaan saya, kenapa itu tidak bekerja dengan cepat dan baik," kata Kepala Negara.

Baca: Sempat Menyala, Pagi Ini Listrik di Sebagian Wilayah Jakarta Kembali Padam, Ini Penyebabnya Kata PLN

Jokowi kemudian menyinggung peristiwa pemadaman besar juga pernah terjadi pada 2002. Saat itu, wilayah yang terdampak juga serupa, yaitu di Jawa dan Bali.

"Mestinya itu bisa jadi pelajaran bersama. Jangan sampai kejadian yang pernah terjadi, kembali terjadi lagi," ucap Jokowi.

PLN Minta Maaf

Sehari sebelumnya, terjadi pemadaman listrik di sejumlah wilayah Jawa dan Jabodetabek, Minggu (4/8/2019) pukul 12.00 WIB menyebabkan gangguan jaringan telepon, MRT hingga LRT.

Menanggapi hal ini, Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka mengatakan terjadi gangguan pada sisi transmisi Ungaran dan Pemalang 500 kV.

Halaman
123
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved