Berita Kalteng

Stunting Muncul di Tiga Daerah Kalteng, Petugas Dilatih & Klinik Kesehatan Aisyiyah Diresmikan

Tiga daerah di Kalimantan Tengah Kabupaten Barito Timur, Kotawaringin Timur dan Kota Palangkaraya, dideteksi ada warganya yang menderita stunting

Stunting Muncul di Tiga Daerah Kalteng, Petugas Dilatih & Klinik Kesehatan Aisyiyah Diresmikan
Istimewa
Hj Siti Noordjannah Djohantin. 

BANJARMASINPOST.CO ID, PALANGKARAYA - Tiga daerah di Kalimantan Tengah Kabupaten Barito Timur, Kotawaringin Timur dan Kota Palangkaraya, dideteksi ada warganya yang menderita stunting atau tumbuh tidak sewajarnya sehingga mendapat perhatian khusus.

Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Kalimantan Tengah (Kalteng) mendapat kunjungan Ketua Umum (Ketum) Pimpinan Pusat (PP) Aisyiyah Hj Siti Noordjannah Djohantini, Selasa (6/8/2019) dengan agenda membuka pembekalan tenaga pencegahan stunting, dan menghadiri peresmian beroperasinya Klinik Pratama Aisyiyah.

Ketua PWA Kalteng Hj Nurhayati Senin (5/8/2019), menjelaskan, pembekalan tenaga pencegahan stunting akan digelar di Aula Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMP), di Jalan RTA Milono Km.1 Palangkaraya."Peserta kegiatan adalah para calon tenaga pencegahan stunting dari Kabupaten Barito Timur, Kotawaringin Timur, dan Kota Palangkaraya," ujarnya.

Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama Pimpinan Pusat Aisyiyah dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. "Alhamdulillah PWA Kalteng mendapat kepercayaan menjadi penyelenggara kegiatan tersebut," terang Nurhayati.

Baca: Sering Pamer Kekayaan, Barbie Kumalasari Tepergok Beli Barang Diskonan, Lihat Belanjaan Istri Galih

Baca: Keberuntungan Fantastis Maia Estianty Jika Maafkan Mulan Jameela Soal Ahmad Dhani Diungkap Sosok Ini

Baca: 24 Calon Legislatif Terpilih di Tapin Ucapkan Sumpah dan Janjinya

Istri dari Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalteng H Ahmad Syari itu menjelaskan, melalui kegiatan pembekalan tersebut, diharapkan para tenaga kesehatan lokal mendapat pemahaman tentang penanganan dan pencegahan stunting dilingkup masyarakat Bumi Tambun Bungai.

Stunting sendiri adalah kondisi terhambatnya pertumbuhan fisik anak akibat kurangnya asupan gizi dalam makanan yang dikonsumsi. Dampak stunting tersebut terutama terlihat dari tinggi tubuh anak lebih rendah atau pendek dari standard usianya atau sering diistilahkan kerdil.

Nurhayati melanjutkan, pelaksanaan pembekalan tersebut, digelar bersamaan dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis dalam rangka praperesmian beroperasinya Klinik Pratama Aisyiyah yang juga didirikan di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

"Layanan yang diberikan pada kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis itu, di antaranya, cek laboratorium darah, deteksi dini tuberkolosis (TBC), rekam jantung, cek kondisi kehamilan (USG), dan lain-lain," ujarnya.

(banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved