DPRD Banjarbaru

Bahas Raperda Cadangan Pilkada 2020, DPRD Banjarbaru Segera Bentuk Pansus

Pasca rapat paripurna, DPRD Banjarbaru akan segera membentu pansus membahas dua raperda yang salah satunya mengenai cadangan dana pilkada 2020

Bahas Raperda Cadangan Pilkada 2020, DPRD Banjarbaru Segera Bentuk Pansus
Humas Pemko Banjarbaru
Wakil Wali Kota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan di sidang paipurna penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap dua raperda 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarbaru melaksanakan Rapat Paripurna di Ruang Graha Paripurna Lantai 3 Gedung DPRD Kota Banjarbaru, Selasa (6/8/2019).

Rapat paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kota Banjarbaru, Wartoni dan dihadiri Wakil Wali Kota Banjarbaru, H Darmawan Jaya Setiawan.

Para rapat paripurna kali ini membahas dua buah agenda. Agenda yang pertama adalah pandangan umum fraksi-fraksi terhadap penyampaian dua buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) usul pemerintah daerah dan tanggapan fraksi-fraksi terhadap pendapat walikota terkait satu buah raperda usul inisiatif DPRD Kota Banjarbaru.

Kemudian dilanjutkan jawaban Wali Kota terhadap pandangan umum fraksi-fraksi terkait dua Raperda usul Pemerintah Daerah.

Raperda yang ditanggapi adalah tentang Raperda dana cadangan umum untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Kota Banjarbaru tahun 2020 dan Raperda tentang lembaga kemasyarakatan kelurahan.

Pada Raperda dana Cadangan Umum Pilkada tahun 2020, besarannya mencapai Rp 15 Miliar yang mana dianggarkan untuk tahun anggaran 2019 dan tahun 2020.

Wakil Ketua DPRD Banjarbaru Wartono
Wakil Ketua DPRD Banjarbaru Wartono (Humas Pemko Banjarbaru)

Wakil Ketua DPRD Banjarbaru, Wartono, pihaknya menyambut baik atas penyampaian Raperda ini. Apalagi menginggat Pilkada Tahun 2020 memang membutuhkan dana yang relatif besar guna mencegah terganggunya pelaksanaan program dan kegiatan lainnya.

"Setelah ini kita akan membentuk Panitia Khusus (Pansus) agar Raperda ini dapat dibahas pada rapat selanjutnya. Kita inginnya Raperda ini selesai pada bulan Sebtember nanti sebelum bergantinya masa jabatan," katanya.

Wakil Wali Kota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan menyampaikan, bahwa secara umum seluruh fraksi-fraksi dapat menyetujui dengan adanya dua buah raperda tersebut.

Sidang Paripurna DPRD Banjarbaru
Sidang Paripurna DPRD Banjarbaru (Humas Pemko Banjarbaru)

“Secara umum tujuh fraksi yang ada di DPRD Kota Banjarbaru mendukung terhadap usulan Raperda Pemerintah Kota Banjarbaru untuk dapat dilakukan pembahasan ke tahap selanjutnya. Terkait Dana cadangan pilkada kita akan konsultasi lagi ke KPU dan Bawaslu,” katanya. (AOL/*)

Penulis: Aprianto
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved