Bumi Bersujud

Sambangi Desa Danau Indah, 56 Warga Rasakan Manfaat Layanan Keliling Kependudukan Tanbu

Petugas Disdukpencapil menyambangi warga di Desa Danau Indah, Kecamatan Batulicin, Kabupaten Tanahbumbu.

Sambangi Desa Danau Indah, 56 Warga Rasakan Manfaat Layanan Keliling Kependudukan Tanbu
Dinas Kominfo Tanahbumbu
Petugas Disdukpencapil Kabupaten Tanahbumbu saat memberikan pelayanan dan kemudahan kepada masyarakat melalui sistem layanan keliling 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BATULICIN - Dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terkait kepengurusan data atau dokumen kependudukan dan pencatatan sipil, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Tanahbumbu terus mengoptimalkan layanan kependudukan bagi warga di Tanahbumbu.

Salah satunya adalah dengan mengoptimalkan layanan jemput bola yakni dengan mengoperasionalkan layanan keliling kependudukan ke daerah pedesaan.

Belum lama ini layanan keliling kependudukan, oleh petugas Disdukpencapil menyambangi warga di Desa Danau Indah, Kecamatan Batulicin, Kabupaten Tanahbumbu.

Pelayanan dengan sistem jemput bola, oleh petugas layanan menggunakan mobil bus yang dilengkapi peralatan seperti pencetakan dan perekaman dokumen kependudukan memberikan kemudahan kepada masyarakat, sehingga tidak perlu lagi harus datang ke kantor Dispendukcapil.

Kepala Dinas Dukpencapil Tanahbumbu, melalui Kabid Pendaftaran Penduduk, Des Rizal RRD membeberkan, beberapa jenis pelayanan kependudukan yang dilayani layanan keliling.

Di layanan keliling ini, pihaknya memberikan pelayanan kependudukan yaitu Kartu Keluarga (KK), Akte, Kartu Identitas Anak (KIA), Surat Keterangan (Suket), Cetak KTP, dan Surat Kematian.

Sementara catatan petugas Dukpencapil, data warga yang terlayani saat pelayanan keliling di Desa Danau Indah Kecamatan Batulicin sebanyak 56 orang.

Fasilitas mobil bus yang  digunakan petugas Disdukpencapil dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di wilayah pedesaan
Fasilitas mobil bus yang digunakan petugas Disdukpencapil dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di wilayah pedesaan (Diskominfo Tanahbumbu)

Dengan rincian KK 12 berkas, Akte 20 berkas, KIA 13 berkas, Suket 10 berkas, Kematian 1 berkas, kecuali E-KTP 0 berkas.

"Pemerintah daerah melalui Disdukpencapil akan terus melakukan pelayanan keliling sebagai bentuk pelayanan prima mempermudah masyarakat mendapatkan dokumen kependudukan khususnya di wilayah perdesaan," katanya.

Dengan begitu, warga tidak perlu lagi menempuh jarak yang jauh untuk mengurus dokumen kependudukan ke kantor Disdukpencapil. (Aol/*)

Penulis: Herliansyah
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved