Berita Kotabaru

Bambang Harus Jemput Bola Dan Beli Drumband Agar Anak Bersekolah di SDN 2 Rampa

SDN 2 Desa Rampa Kecamatan Pulau Laut Kotabaru, ternyata punya cara unik untuk menjaring siswa baru belum lama tadi.

Bambang Harus Jemput Bola Dan Beli Drumband Agar Anak Bersekolah di SDN 2 Rampa
banjarmasinpost.co.id/man hidayat
SDN 2 Rampa Kotabaru saat latihan memainkan musik 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - SDN 2 Desa Rampa Kecamatan Pulau Laut Kotabaru, ternyata punya cara unik untuk menjaring siswa baru belum lama tadi.

Pasalnya, sekolahnya telah lama berada diperkampungan yang cukup padat itu. Namun, sebelum dirinya menjabat pada 2009 lalu, peminat disekolahnya minim.

Rata-rata, warga yang ada di Desa Rampa adalah nelayan.
Sehingga banyak yang tidak bersekolah atau tidak selesai sekolah. Melihat dari kondisi tersebut, pihak sekolah berupaya untuk menarik minat dengan mendatangi rumah-rumah warga.

Cara lainnya adalah dengan membeli drum band untuk fasilitas anak-anak berlatih. Alhasil, ternyata keberadaan alat tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk menyekolahkan anaknya.

Menurut Kepala SDN 2 Rampa, Bambang Irianto, mengatakan saat dia baru menjabat, hanya sedikit minat yang hendak sekolah. Sehingga dia harus jemput bola ke rumah-rumah warga untuk bersekolah.

Baca: 8 Pemilik Catering Rugi Ratusan Juta, APJI Kalsel Ingatkan Anggotanya Waspada Kasus Penipuan Pasutri

"Disini memang perlu berjuang karena banyak dari orang tak mampu dan sebagian memilih tak mau menyekolahkan anaknya. Namun seiring waktu dengan sejumlah pendekatan, akhirnya mulai mau bersekolah," katanya.

Dia mengatakan tahun ini ada sebanyak 401 orang. Drum band menjadi daya tarik sekolah agar anak-anak memiliki keterampilan dan saat ini sering menjadi juara saat ada perlombaan ditingkat Kabupaten Kotabaru.

"Jadi alat kesenian ini sangat membantu. Karena siswa-siswi kami bisa membentuk karakter anak dibidang penguatan fisik dan PBB," katanya.

Selain itu, drum band ini juga bisa mengasah mental mereka untuk tampil dihadapan orang banyak, belajar disiplin dan sportif dalam bertanding. Pada kegiatan seni itu pula, murid-muridnya bisa berkreatifitas.

"Jadi banyak keunggulan dari drum band ini, anak-anak jadi terdidik dan tampil dihadapan orang banyak, " tandas Bambang. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved