Kesehatan

dr Vina Dwiana : Tubuh Tak Ada Istirahat Bakal Terancam Penurunan kekebalan tubuh

Secara biologis tubuh dirancang untuk aktif di siang hari dan beristirahat di malam harinya. Namun ada sejumlah orang yang harus tetap terjaga.

dr Vina Dwiana : Tubuh Tak Ada Istirahat Bakal Terancam Penurunan kekebalan tubuh
istimewa
dr Vina Dwiana 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Secara biologis tubuh dirancang untuk aktif di siang hari dan beristirahat di malam harinya. Namun ada sejumlah orang yang harus tetap terjaga sepanjang malam.

Menurut dr Vina Dwiana, Spesialis Kulit RSUD Ansyari Saleh Banjarmasin, bekerjalah sesuai dengan daya tahan manusia yakni mulai pukul 09.00 hingga 17.00 dan seminggu hanya lima hari saja.

Sedang weekend (Sabtu dan Minggu) tubuh harus istirahat dengan cara melakukan hobi, apakah olahraga bermain musik, berkebun , nonton dan sebagainya.

Jika tubuh tidak ada istirahat maka akan terjadi penurunan imunitas atau kekebalan tubuh sehingga mengalami sakit. Dimulai sakit ringan sampai berat.

Baca: Hasanah, Penderita Kanker Payudara Meninggal Dunia, Relawan Serahkan Bantuan ke Keluarga

Apabila kondisi pekerjaan menuntut harus terpaksa full bekerja sepanjang hari, ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu, dengan penambahan suplemen makanan yang bisa meningkatkan imun atau suasana tempat bekerja yang dibuat atau dikondisikan senyaman mungkin.

Misalnya ada ruang terbuka dengan taman yang segar atau ada tempat istirahat yang sehat nyaman dan bebas asap rokok.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved