Berita Banjarmasin

NEWSVIDEO : 1.000 Calon Mahasiswa Baru Universitas Lambung Mangkurat Jalani Tes Kesehatan dan Napza

Sedikitnya sebanyak 1.000 calon mahasiswa baru ULM Banjarmasin yang masuk melalui jalur mandiri, Rabu (7/8/2019) pagi.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sedikitnya sebanyak 1.000 calon mahasiswa baru ULM Banjarmasin yang masuk melalui jalur mandiri, Rabu (7/8/2019) pagi tadi berkumpul di General Building Library ULM Banjarmasin.

Memadati selasar teras hingga tengah ruangan bangunan baru tersebut, adapun kehadiran mereka itu tidak lain guna mengikuti pemeriksaan kesehatan.

Ketua Panitia Pelaksana, dr Dwi Setyohadi mengatakan ada sekitar 1.000 peserta dari 2.300 mahasiswa baru jalur mandiri ULM Banjarmasin yang menjalani tes kesehatan siang tersebut.

Berlangsung selama tiga hari di gedung General Building Library ULM atau hingga Jumat (9/8/2019) mendatang, pemeriksaan kesehatan meliputi beberapa tahapan, yakni fisik, buta warna, napza hingga gigi sekalipun sesuai program studinya masing-masing.

"Jadi dari beberapa prodi tadi digolongkan menjadi dua, yakni eksak dan non eksak. Untuk calon mahasiswa baru eksak, mereka ada yang wajib mengikuti pemeriksaan kesehatan dari fisik, buta warna, napza hingga gigi sekalipun. Sedangkan untuk non eksak mereka cukup mengikuti pemeriksaan napza saja, " jelasnya.

Baca: Kadisdikbud Yusuf Effendi : Kalsel Butuh Lebih 5.000 ASN dan P3K

Baca: REI Kalsel Gelar Uji Sertifkasi Tenaga Kerja Kontruksi Agar Bisa Bersaing dengan Tenaga Asing

Hasil pemeriksaan kesehatan tersebut sangat mempengaruhi atau penentu kelulusan calon mahasiswa baru ULM.

Pasalnya bagi mereka yang tidak memenuhi persyaratan, satu di antaranya jika terbukti positif napza, maka peserta tersebut akan dinyatakan tidak lulus tes.

" Termasuk juga pemeriksaan gigi untuk dokter gigi, tes ini sangat menjadi penentu kelulusan calon mahasiswa baru. Karena kan tidak mungkin, dia ingin menjadi dokter gigi, sementara memiliki gigi yang bermasalah," jelasnya.

Oleh karena itu, Dwi juga berpesan kepada para peserta agar sebelum mengikuti pemeriksaan menjaga kesehatannya sebaik mungkin.

"Juga jangan kelelahan, karena pemeriksaan kesehatan ini merupakan penentu terakhir kelulusan peserta, " tutup ketua medical center ULM itu. (banjarmasinpost.co.id/Ahmad Rizki Abdul Gani)

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved