Berita Banjarbaru

REI Kalsel Gelar Uji Sertifkasi Tenaga Kerja Kontruksi Agar Bisa Bersaing dengan Tenaga Asing

Untuk itu, kemampuan dan skill tenaga kerja kontruksi di Kalimantan Selatan (Kalsel) harus bisa bersaing dengan tenaga luar daerah bahkan tenaga asing

REI Kalsel Gelar Uji Sertifkasi Tenaga Kerja Kontruksi Agar Bisa Bersaing dengan Tenaga Asing
banjarmasinpost.co.id/aprianto
Suasana pembukaan uji sertifikasi tenaga kerja kontruksi di Banjarbaru. 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU - Wacana pemindahan Ibu Kota Indonesia ke Kalimantan, memunculkan prediksi akan banyak tenaga kerja konstruksi yang akan datang ke Kalimantan.

Untuk itu, kemampuan dan skill tenaga kerja kontruksi di Kalimantan Selatan (Kalsel) harus bisa bersaing dengan tenaga luar daerah bahkan tenaga asing.

Apalagi nantinya menghadapi masyarakat ekonomi asia (MEA) para pekerja jasa kontruksi di Kalsel harus lebih bermutu dan berkualitas dari segi skill di bidangnya.

Rabu, (7/8) ratusan tenaga kontruksi dari berbagai daerah di Kalsel menjalani uji sertifikasi. Tepatnya ada sebanyak 160 tenaga kerja kontruksi yang menjalani uji sertifikasi.

Secara bergantian, para tenaga kerja kontruksi ini harus diuji oleh asesor yang kompeten dibidangnya. Para tenaga kerja kontruksi ini memang sudah memiliki skill dan kemampuan dibidang kontruksi bangunan.

Meski begitu, keahlian dan kemampuan mereka tetap diuji oleh para asesor untuk bisa mendapatkan sertifikasi tenaga kerja kontruksi.

Ketua DPD REI Kalsel, Royzani Sjachril mengatakan bahwa uji sertifikasi tenaga kerja kontruksi dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan dari tenaga kontruksi di Kalsel.

"Kita berharap tenaga kerja yang ada di Kalsel khususnya untuk pengembang bidang perumahan memiliki tenaga ahli yang bisa bersaing baik di tingkat nasional hingga internasional," katanya.

Wacana pemindahan Ibu Kota Indonesia ke Kalimantan, dikatakannya akan banyak tenaga kerja konstruksi yang akan datang ke Kalimantan. Tidak hanya tenaga luar daerah, bahkan tenaga kerja asing.

Sehingga, para tenaga kerja di Kalsel harus benar-benar bersertifikasi agar bisa bersaing dengan para tenaga kerja asing.

Halaman
12
Penulis: Aprianto
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved