Berita Kabupaten Banjar

Bumdes Barokah Bakal Kembangkan Pengalengan Ikan Patin, Pertama di Kabupaten Banjar

Sejumlah pekerja nampak menyelesaikan bangunan yang berlokasi di belakang Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Barokah di Jalan Padang Anyar RT 8

Bumdes Barokah Bakal Kembangkan Pengalengan Ikan Patin, Pertama di Kabupaten Banjar
Banjarmasinpost.co.id/Hasby
Pambakal Desa Tungkaran, M Salmanih dan Direktur Bumdes Barokah, H Dede Supardi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Sejumlah pekerja nampak menyelesaikan bangunan yang berlokasi di belakang Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Barokah di Jalan Padang Anyar RT 8 Desa Tungkaranbaru Kecamatan Martapura Kota, Kamis (8/8).

Kepala Desa Tungkaran, M Salmani didampingi Direktur Bumdes Barokah, H Dede Supardi memantau pengerjaan bangunan yang rencananya menjadi tempat pengalengan ikan patin.

Bumdes Barokah mendapatkan bantuan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI untuk pengalengan ikan patin. Bantuan mulai dari bangunan, mesin hingga tenaga ahli dari warga Tungkaran yang sudah mendapatkan pendidikan dan pelatihan di Kementerian. Bantuan bersumber dari APBN 2019.

Direktur Bumdes Barokah, H Dede Supardi mengatakan, Bumdes Barokah dalam waktu dekat akan memproduksi pengalengan ikan patin. Saat ini bangunan pabrik masih dalam tahap penyelesaian, sedangkan mesin dan tenaga ahli sudah siap, sudah mengikuti pelatihan di Jakarta.

"Mudah-mudahan akhir 2019 ini sudah produksi pengalengan ikan patin dan memasarkannya. Ikan patin nantinya dimasukan dalam kaleng sama seperti produk ikan sarden yang dikenal dipasaran," katanya.

Baca: Pegawai Dinas Perdagangan Batola Juga Sering Order Janda yang Ada di Desa Danda Jaya

Baca: LIVE INDOSIAR! Prediksi & Link Live Streaming Persela vs Persib Bandung Liga 1 2019 di Vidio.com

Baca: Kekesalan Anang Hermansyah & Ashanty Saat Aurel Hermansyah Dilamar Bule, Bukan Verrell Bramasta?

Dia menjelaskan, pengalengan ikan patin yang dilakukan oleh Bumdes Barokah ini pertama di Kabupaten Banjar. Dinilainya cocok karena Kabupaten Banjar sebagai penghasil ikan patin, dengan demikian seiring nantinya beroperasionalnya pengalengan ikan patin tersebut, tidak akan kekurangan bahan baku yakni ikan patin.

Bupati Banjar, H Khalilurrahman sudah meresmikan budidaya ikan patin sistem micro bubble beberapa waktu lalu. Sektor perikanan merupakan salah satu sektor unggulan di Kabupaten Banjar yang memberi kontribusi kepada PDRB Kabupaten Banjar, Kabupaten Banjar terus mengembangkan budidaya ikan patin di kawasan Agrominapolitan.

Bumdes Barokah nantinya juga akan menjalin kerjasama dengan Bumdes lainnya yang ingin memasok ikan patin. Produksi ikan patin oleh Bumdes Barokah tidak hanya dalam bentuk pengalengan ikan patin, tetapi juga ada pentol dan kerupuk yang akan ditampilkan dalam Bumdes Expo 2019 yang digelar pada 14 Agustus 2019 hingga 18 Agustus 2019 di lapangan sepak bola Desa Tungkaran, Jalan Keramat RT 1 Desa Tungkaran Kecamatan Martapura Kota.

"Bersyukur, Bumdes Barokah mendapatkan bantuan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI. Terimakasih pula kepada pihak Kabupaten yang melakukan pendampingan, hingga pengalengan ikan patin di Bumdes kami mudah-mudahan bisa berjalan lancar," imbuhnya.

Bumdes Barokah Desa Tungkaran bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Banjar menggelar Bumdes Expo 2019, pameran dan bazar serta hiburan pasar malam. Menampilkan produk unggulan Bumdes-Bumdes di Kabupaten Banjar, talk show konsultasi dan pandangan hukum dari Perkumpulan Pengacara Muda Indonesia (Permadin) Kalsel.

"Bagi yang berminat membuka stand bisa mendaftarkan ke sekretariat panitian Kantor Pembakal Tungkaran," tambahnya. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis:
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved