Berita Kotabaru

Danlanal Kotabaru Patroli Kemanan Laut : TNI dan Rakyat Harus Bersatu Lawat Praktik Ilegal

Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan memiliki garis pantai yang panjang. Luas perairannya cukup luas sehingga perlu pengawasan.

Danlanal Kotabaru Patroli Kemanan Laut : TNI dan Rakyat Harus Bersatu Lawat Praktik Ilegal
HO/Humas Lanal Kotabaru
Danlanal Kotabaru turun langsung patroli keamanan Laut Kotabaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan memiliki garis pantai yang panjang. Luas perairannya cukup luas sehingga perlu pengawasan.

Menindaklanjuti itu, Pengawasan dan Penegakan keamanan di wilayah perairan laut saat ini dipandang perlu. Lanal Kotabaru pun rutin melakukan pengawasan hingga penegakan hukum.

Kali ini, Komandan Lanal (Danlanal) Kotabaru Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto S, ST yang turun langsung didampingi prajuritnya.

Danlanal melakukan patroli Kemanan Laut Perairan Kotabaru menggunakan speed boat milik Lanal Kotabaru, Rabu (7/8/19) kemarin.

Tiap kapal yang berada diperairan didatangi dan diperiksa. Namun saat itu tidak ditemukan apapun. Meski begitu, Lanal tetap memberikan arahan untuk tidak melakukan praktek illegal.

Semua upaya untuk menjaga situasi perairan agar tetap dalam keadaan kondusif. TNI AL dalam hal ini Lanal Kotabaru melalui program pemberdayaan wilayah pertahanan laut difokuskan kepada masyarakat pesisir untuk menghindari dan tidak melaksanakan hal-hal yang dilarang.

Baca: DPRD Kalsel Setujui Dua Raperda Tentang Permukiman dan Peruamahan serta Retribusi Jasa Usaha

Menurut Danlanal, sesuai dengan UU TNI No 34 Tahun 2004 Pasal 9 salah satu tugas TNI AL tentang Penegakan hukum dan menjaga kemanan di wilayah laut Yurisdiksi Nasional. Itu sesuai dengan ketentuan hukum Nasional dan Internasional.

"Kami akan tetap terus meningkatkan pengawasan melalui patroli laut Satkamla Lanal Kotabaru Tanahbumbu, " katanya.

Danlanal Kotabaru Turun Langsung Patroli Keamanan Laut Kotabaru_wm
Danlanal Kotabaru Turun Langsung Patroli Keamanan Laut Kotabaru_wm (HO/Humas Lanal Kotabaru)

Danlanal juga mengimbau agar bersama-sama menjaga keharmonisan yang ada serta tetap waspada terhadap pihak-pihak yang akan menjadikan Kotabaru sebagai pelabuhan transit maupun pintu masuknya psikotropika. Sebab, sewaktu-waktu bisa saja menyelundupkan barang narkotika atau obat-obatan yang dilarang masuk ke dalam Indonesia melalui pelabuhan.

"TNI dan masyarakat harus bersatu untuk melawan praktik-praktik ilegal maupun penyelundupan narkoba ke Indonesia. kita harus trus memerangi hal-hal yang bisa merugikan bangsa kita ini, " kata Danlanal. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved