Berita Kalteng

Dua Kabupaten di Kalteng Ini Belum Tetapkan Caleg Terpilih, Ini Penyebabnya

Dua Kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah yakni Kabupaten Kapuas dan Gunungmas, hingga, Kamis (8/8/2019) belum menetapkan calon legislatif terpilih

Dua Kabupaten di Kalteng Ini Belum Tetapkan Caleg Terpilih, Ini Penyebabnya
Banjarmasinpost.co.id/Faturahman
Ketua KPU Kalteng, Harmain Ibrohim. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Dua Kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah yakni Kabupaten Kapuas dan Gunungmas, hingga, Kamis (8/8/2019) belum menetapkan calon legislatif terpilih dalam Pemilu Legislatif tahun 2019 lantaran adanya gugatan dari calon tertentu.

Masa jabatan anggota DPRD yang lama akan berakhir pada akhir Bulan Agustus 2019 ini, sehingga penetapan calon anggota legislatif yang baru selayaknya dilakukan dengan segera, karena waktu yang sempit dengan masa berakhirnya jabatan anggota DPRD lama.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kalimantan Tengah, Harmain Ibrohim, membenarkan ada dua kabupaten yang belum melakukan penetapan caleg terpilih hasil Pileg 2019 yang lalu, karena alasan masih adanya gugatan hukum terhadap hasil pileg.

"Mamang keterlambatan itu, karena masih ada caleg yang menggugat sehingga proses penetapan sempat tertunda, karena menunggu proses hukum yang dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku, tetapi MK sudah menolak gugatan mereka sehingga penetapan bisa segera dilakukan," ujarnya.

Baca: Jelang Laga Kalteng Putra Vs Arema FC Liga 1 2019, Gomes Akui Andil Besar Pemain Ke-12

Baca: LINK Live Streaming Timnas U-18 Indonesia vs Timor Leste Piala AFF U-18 2019, Siaran Langsung SCTV

Baca: Polsek Kapuas Murung Razia Warung Malam, Ditemukan Muda Mudi Lagi Konsumsi Minuman Keras

Menurut dia, KPU Kalteng sudah memanggil Ketua KPU Gunungmas dan Ketua KPU Kapuas terkait belum ditetapkannya caleg terpilih tersebut dan meminta agar segera dilakukan penetapan calon anggota legislatif terpilih untuk dua kabupaten tersebut.

"Saya sudah perintahkan mereka agar segera melakukan penetapan caleg terpilih, saat ini masih dalam proses, karena untuk proses gugatan sudah ada keputusan penolakam dari Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan tersebut," ujarnya.

(banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved