Berita Banjarmasin

KPU Kalsel Anggarkan Rp 4 Miliar Fasilitasi Kampanye Paslon Pilkada Kalsel 2020

KPU Kalsel alokasikan dana kurang lebih Rp 4 miliar untuk fasilitasi kampanye peserta Pilkada Kalsel Tahun 2020 mendatang.

KPU Kalsel Anggarkan Rp 4 Miliar Fasilitasi Kampanye Paslon Pilkada Kalsel 2020
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Ketua KPU Provinsi Kalsel Sarmuji 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) alokasikan dana kurang lebih Rp 4 miliar untuk fasilitasi kampanye peserta Pilkada Kalsel Tahun 2020 mendatang.

Dana tersebut akan dibagi untuk empat macam fasilitasi kampanye yang disediakan KPU Provinsi Kalsel yaitu berupa alat peraga kampanye (APK), bahan kampanye, iklan kampanye dan debat pasangan calon.

Dijelaskan Ketua KPU Provinsi Kalsel, Sarmuji, untuk debat pasangan calon peserta Pilkada 2020 yang difasilitasi KPU setidaknya akan dilakukan sebanyak tiga kali selama masa kampanye.

Format debat pasangan calon walaupun akan lebih sederhana namun akan mengikuti konsep debat pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden yang dilakukan oleh KPU RI pada Pilpres 2019 lalu.

"Nanti apakah debat paslon lengkap Cagub dan Cawagub hadir atau pada debat selanjutnya dipisah khusus Cagub atau Cawagub saja nanti kita susun bagaimana baiknya," kata Sarmuji.

Baca: Pengesahan Perda Dana Cadangan Pilkada Kalsel 2020 di DPRD Kalsel Tertunda, Begini Alasannya

Sedangkan untuk APK, bahan kampanye dan iklan kampanye porsinya akan dibagi rata untuk masing-masing pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel.

Fasilitasi lampanye oleh KPU Provinsi Kalsel ini akan dimulai saat masa kampanye pada Bulan Juli 2020 tepat tiga hari setelah penetapan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang maju.

Dimana kampanye dialogis dan tatap muka dijadwalkan berlangsung kurang lebih selama tiga bulan dan kampanye terbuka serta iklan kampanye akan berlangsung selama empat belas hari jelang hari H Pilkada Kalsel 2020.

"Tiga hari setelah penetapan sudah masuk masa kampanye, sementara kita siapkan fasilitasi setidaknya untuk tiga pasangan calon dulu. Tapi akan dilihat nanti setelah penetapan," kata Sarmuji.

Fasilitasi kampanye oleh KPU Provinsi Kalsel menurut Sarmuji merupakan kewajiban bagi KPU di daerah sebagai penyelenggara Pilkada.

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved