Berita Kabupaten Banjar

Kebakaran Hutan Meningkat, Manggala Agni Kabupaten Banjar Intensifkan Cara-vara Tangani Karhutla

Meningkatkan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan, Manggala Agni rutin menggelar rapat evaluasi di semua lokasi,

Kebakaran Hutan Meningkat, Manggala Agni Kabupaten Banjar Intensifkan Cara-vara Tangani Karhutla
Manggala Agni Kabupaten Banjar
Manggala Agni rutin menggelar rapat evaluasi di semua lokasi, rapat dilakukan secara bertahap. Rapat juga melibatkan semua unsur, selain Manggala Agni juga ada TNI, Polri dan bersama masyarakat setempat. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Meningkatkan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan, Manggala Agni rutin menggelar rapat evaluasi di semua lokasi, rapat dilakukan secara bertahap. Rapat juga melibatkan semua unsur, selain Manggala Agni juga ada TNI, Polri dan bersama masyarakat setempat.

Rapat evaluasi bertujuan untuk mendapatkan perkembangan di semua lokasi rawan karhutla, baik dari sumber air, aktifitas masyarakat maupun pola sosialisasi yang dilakukan mencegah karhutla tersebut. Mengingat saat sekarang ini intensitas karhutla dalam setiap hari selalu terjadi, terutama di Kabupaten Banjar dan Banjarbaru.

Diungkapkan Kepala Pengendalian dan Operasional Manggala Agni Kabupaten Banjar, Zulkarnain, dalam hasil rapat evaluasi yang digelar di Desa Kiram dan Aranio beberapa waktu lalu, ada beberapa kesepatakan bersama. Yakni meningkatkan patroli terpadu sampai akhir tahun melalui sosialisasi, patroli dan pemadaman dini kalau terjadi karhutla, pencegahan tetap menjadi kegiatan prioritas utama.

"Kesepakatan yang ketiga adalah selalu memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk bijaksana menggunakan api dalam kehidupan sehari-hari, jangan sampai berakibat merugikan orang atau masyarakat banyak," katanya, Jumat (9/8).

Baca: Menimbang 3 Lokasi di Pulau Kalimantan Calon Ibu Kota Baru, @Jokowi : Kalsel, Kalteng atau Kaltim

Baca: Oknum TNI Main Koboy, Tembak Warga Hingga Tewas, Akhirnya Pratu ISJ Juga Tewas karena Ini

Baca: Perempuan Ini Nekat Tabrak Motor Pelaku Hingga Terjatuh, Jambret Resahkan di Sampit Ditangkap

Tercatat sepanjang Juli 2019 lahan yang sudah terbakar untuk Kabupaten Banjar dan Banjarbaru sudah 169 hektar. Pada 31 Juli terjadi di Cintapuri Darussalam Kabupaten Banjar, tutupan lahan yang terbakar yakni bondang, purun dan galam, api berhasi dipadahamkan oleh tim terpadu Desa Cintapuri Darussalam Kabupaten Banjar.

Karhutla yang terbesar selama bulan Juli terjadi pada 22 Juli, yakni di Desa Tanah Intan Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Banjar, seluas 80 hektar dan berhasil dipadamkan ada 20 hektar. Tutupan lahan yang terbakar adalah merupakan semak belukar dan ilalang, proses pemadaman bersama-sama melibatkan BPBD Provinsi Kalsel.

"Sungai Batang Martapura Barat pada 30 Juli 2019 lalu, luasan areal yang terbakar juga cukup luas sekitar 30 hektar. tutupan lahannya berupa purun tikus, bondong dan rumput liar," jelas Zulkarnain.

Diakuinya, pihaknya sempat kewalahan mengatasi kebakaran di Kabupaten Banjar dan Banjarbaru, yang mana bahkan dalam sehari terjadi di dua lokasi wilayah Kabupaten Banjar.

Pihaknya pun menghimbau dimusim kemarau seperti sekarang ini hendaknya jangan membuang putung rokok sembarangan, serta jangan membakar lahan dan jangan pula membakar sampah kering. Dirinya mengajak bersama-sama menjaga udara tetap sehat dan tidak menyebabkan ISPA akibat asap kebakaran hutan dan lahan.

Beberapa daerah yang sudah terjadi karhutlah adalah Desa Tangkas Kecamatan Martapura Barat, Simpanglima Kecamatan Cintapuri Darussalam, Jalan Irigasi Desa Sungaibatang, Martapura Barat, Tanah Intan Kecamatan Simpang Empat, Jalan Karanganyar Gambut, Maniapun Kecamatan Pengaron, Padanganyar Martapura Barat, Gambut, Alalak Padang Cintapuri Darussalam. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Manggala Agni Daops Banjar

Penulis: Hasby
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved