Berita Nasional

Menimbang 3 Lokasi di Pulau Kalimantan Calon Ibu Kota Baru, @Jokowi : Kalsel, Kalteng atau Kaltim

Presiden Joko Widodo telah memastikan bahwa ibu kota RI akan pindah di Pulau Kalimantan. Pernyataan tersebut diunggah di akun Instagram pribadinya

Menimbang 3 Lokasi di Pulau Kalimantan Calon Ibu Kota Baru, @Jokowi : Kalsel, Kalteng atau Kaltim
biro pers sekretariat Presiden
Presiden RI,Joko Widodo, saat memantau lokasi rencana pembangunan perkantoran pemerintah pusat di Kabupaten Gunung mas, Kalteng, Rabu (8/5/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Presiden Joko Widodo telah memastikan bahwa ibu kota RI akan pindah di Pulau Kalimantan.

Pernyataan tersebut diunggah di akun Instagram pribadinya @ jokowi pada Kamis (8/8/2019).

Jokowi menyebut tiga provinsi di Kalimantan yang akan menjadi lokasi ibu kota baru, yakni Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

"Selamat siang. Ibu kota negara kita akan pindah. Letaknya di Pulau Kalimantan. Di mana pastinya, sejauh ini telah mengerucut ke salah satu provinsi: bisa di Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Segala aspek dalam proses pemindahan itu -- skema pembiayaan, desain kelembagaan, payung hukum regulasi mengenai pemindahan ibu kota -- sedang dikaji secara mendalam dan detail, sehingga keputusan nanti benar dalam visi ke depan kita.

Pengalaman negara-negara lain dalam pemindahan ibu kota juga dipelajari untuk kita antisipasi hambatannya. Sebaliknya, faktor-faktor kunci keberhasilan yang bisa kita adopsi, kita adaptasi.

Baca: Bacaan Niat Puasa Arafah Mulai Besok, Sabtu 10 Agustus 2019 Sebelum Idul Adha 2019

Baca: VIRAL Kakek Nenek Meninggal di Hari yang Sama, Menikah Sudah 40 Tahun & Ingin Dimakamkan Bersama

Baca: Wow! PNS Bakal Bisa Kerja dari Rumah dan Dapat Single Salary, Demi Revolusi Industri 4.0?

Dalam memutuskan pemindahan ibu kota ini, posisi saya bukan sebagai kepala pemerintahan, tetapi sebagai kepala negara. Kita harus melihat visi besar berbangsa dan bernegara untuk 10 tahun, 50 tahun, 100 tahun yang akan datang," tulis Jokowi.

Presiden Jokowi telah berkunjung ke Borneo selama tiga hari, yakni 7 hingga 9 Mei 2019. Bersama Ibu Negara Iriana, ia mendatangai Desa Tumbang Talaken Kabupaten Gunung Mas dan Bukit Soeharto untuk mencari feeling calon ibu kota pengganti Jakarta.

“Indonesia sebagai negara besar juga ingin memiliki pusat pemerintahan yang terpisah dengan pusat ekonomi, bisnis, perdagangan dan jasa. Ini kita ingin menapak ke depan sebagai sebuah negara maju,” ujar Presiden Jokowi di sela blusukannya.

Berikut 3 daerah di Kalimantan yang digadang-gadang menjadi pengganti DKI Jakarta.

Halaman
1234
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved