Berita HST

Enam Bulan Mondok di Ponpes Al Anwar Batu Tunggal Hantakan HST, Fauzan Bebas Narkoba

Sayang, pesantren yang membuatnya terbebas dari narkoba sudah ditutup oleh pengasuh pondok pesantren karena tidak ada keputusan pemerintah.

Enam Bulan Mondok di Ponpes Al Anwar Batu Tunggal Hantakan HST, Fauzan Bebas Narkoba
Ist/Syarkawi
Pondok Pesantren Al Anwar Desa Batu Tunggal, Kecamatan Hantakan, Kabupaten HST. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Menjadi pecandu narkoba merupakan cerita tersendiri bagi Muhammad Fauzan. Warga Bawan Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah ini menjadi santri di Pondok Pesantren Al Anwar di Desa Batu Tunggal Kecamatan Hantakan sejak 2018 silam.

Ia mondok di pesantren yang diasuh oleh Syarkawi sejak 26 Oktober 2018. Namun, hanya setengah tahun berada di dalam pondok Fauzan sudah terbebas dari narkoba.

Fauzan menjadi pecandu sejak 2011 hingga 2018.

Hingga saat ini ia rutin mengikuti pengajian pada Minggu malam dan Rabu malam.

Sayang, pesantren yang membuatnya terbebas dari narkoba sudah ditutup oleh pengasuh pondok pesantren karena tidak ada keputusan pemerintah. Sedangkan, wisata di sana sudah buka tanpa izin resmi.

"Saya sedih. Teman yang lain juga sedih. Kami tidak bisa menuntut ilmu di sana. Apalagi, saya rutin belajar pada Minggu malam dan Rabu malam," katanya.

Baca: Wisata Sungai Riam Batajau Dibuka, Syarkawi Pulangkan 30 Santri Ponpes Al Anwar Desa Batu Tunggal

Ia memilih belajar pada malam-malam tersebut dengan alasan punya anak. Ia mengaku harus bekerja untuk membiayai sang anak.

"Setengah tahun di sana. Saya direstui untuk pulang. Jadi saat belajaran saja saya datang," katanya

Ia mengaku selama mondok di sana, hidupnya terasa damai. Bahkan, keinginan untuk kembali menggunakan narkoba tidak pernah ada lagi hingga sekarang.

"Selama mondok disuruh belajar, salat berjamaah, ada dzikir banasyid. Apabila dzikir,  ingat dengan kesalahan dan dosa selalu menangis," ceritanya.

Halaman
12
Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved