Berita Kesehatan

Hati-hati! Minum 3 Gelas Kopi dalam Sehari Bisa Picu Migrain, Kedokteran Harvard Sarankan Bagini

Banyak orang suka sekali minum kopi, bahkan menjadikan kopi sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari. Namun, tahukah Anda bahwa terlalu banyak minum

Hati-hati! Minum 3 Gelas Kopi dalam Sehari Bisa Picu Migrain, Kedokteran Harvard Sarankan Bagini
kontan
minum kopi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Banyak orang suka sekali minum kopi, bahkan menjadikan kopi sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari. Namun, tahukah Anda bahwa terlalu banyak minum kopi atau minuman kafein lainnya bisa memicu migrain?

Dilansir dari Live Science, Jumat (9/8/2019), para ahli membuktikan hubungan antara minuman berkafein, termasuk kopi, dengan sakit kepala migrain.

Menurut riset yang dipublikasikan pada 8 Agustus 2019 di The American Journal of Medicine, orang yang minum tiga gelas kopi atau lebih setiap hari, cenderung mangalami migrain pada hari tersebut atau keesokannya.

Namun, jika Anda gemar minum kopi dan tidak ingin merasakan migrain, sebaiknya cukup mengonsumsi satu atau dua gelas saja per hari.

Penelitian ini dilakukan oleh Sekolah Kedokteran Harvard dan penyelidik klinis di Divisi Gangguan Tidur dan Sirkadian di Brigham and Women's Hospital di Boston.

Baca: Pihak NET TV Tepis Isu PHK Massal, Azuan sebut Sudah 20 Karyawan Mengundurkan Diri

Baca: 55 Ucapan Selamat Idul Adha 2019/1440 H, Kata-kata Mutiara untuk Status WA, Instagram & Facebook

Baca: SESAAT LAGI! Link Live Streaming Persebaya vs Madura United Liga 1 2019 di Vidio.com, Live Indosiar

Mereka meneliti 100 orang dewasa yang didiagnosa mengalami sakit kepala migrain periodik atau berkala.

Pada penelitian ini, 100 partisipan tersebut harus melaporkan asupan makanan dan minuman mereka, terutama yang mengandung kafein termasuk di antaranya kopi, teh, soda, dan minuman berenergi.

Selain itu, peserta juga harus melaporkan apakah mereka mengalami sakit kepala migrain atau tidak pada hari mereka mengkonsumsinya ataupun keesokan harinya.

Penelitian tersebut dilakukan selama enam minggu. Partisipan melaporkan mengkonsumsi kafein sedikitnya satu kali per hari selama periode berlangsung, dan rata-rata mereka mengkonsumsi sekitar delapan porsi per minggu.

Dari hasil yang diperoleh, partisipan mengalami sakit kepala paling tidak dua kali dalam sebulan, atau tidak lebih dari 15 kali.

Baca: Disebut-sebut Terkait Jaringan HTI, BIN Minta TNI Verifikasi Latar Belakang Calon Taruna Akmil Enzo

Baca: WhatsApp Akan Dapat Fitur Mirip Boomerang di Instagram Stories? Distatus Ada Video Pendek

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved