Berita Kabupaten Banjar

Pacu Peningkatan Kualitas Kemasan Produk IKM, Disperindag Banjar Lakukan Hal Ini

Maslde mengatakan penyelenggraan lomba kemasan itu guna memaknai dan memeriahkan HUT ke-74 Republik Indonesia dan Hari Jadi ke-69 Kabupaten Banjar.

Pacu Peningkatan Kualitas Kemasan Produk IKM, Disperindag Banjar Lakukan Hal Ini
banjarmasinpost.co.id/idda royani
GRATIS - Operator Rumah Kemasan Banjar menunjukkan cara menggunakan salah satu alat pengemas, beberapa waktu lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Aktivitas ekonomi produktif yang dilakukan Industri Kecil Menengah (IKM) diperhatikan secara khusus oleh Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat.

Selain penyuluhan atau sosialosasi tentang pentingnya pengemasan produk serta pendampingan teknis pembikinan kemasan, dalam waktu dekat Disperindag Banjar akan menggelar bagi pelaku IKM di Kabupaten Banjar.

"Kami menggelar Lomba kemasan Produk Olahan IKM pada Senin (12/08/2019)," beber Kepala Disperindag Banjar I Gusti Made Suryawati, Sabtu (10/08/2019).

Ia menuturkan lomba tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan bank milik pemerintah daerah. Kebetulan BUMD tersebut selama ini juga memiliki perhatian besar terhadap pembinaan IKM di Bumi Barakat.

Maslde mengatakan penyelenggraan lomba kemasan itu guna memaknai dan memeriahkan HUT ke-74 Republik Indonesia dan Hari Jadi ke-69 Kabupaten Banjar.

Baca: Pesan WhatssApp Menohok Dari Nagita Slavina Untuk Raffi Ahmad Karena Sering Tinggalkan Anak Istri

Kegiatan lomba akan dimulai pukul 08.00 Wita hingga. Tempatnya di Guest Hoise Sultan Sulaiman di Jalan A Yani, Martapura. Tempat ini sangat mudah dijangkau karena terletak di tepi jalan protokol (A Yani), Martapura.

"Tiap kecamatan minimal akan menampilkan sepuluh produk olahan panhan berkemasan. Jumlah kecamatan di Banjar 20, jadi akan ada 200 jenis produk yang bakal dilombakan," sebut Made.

Data terkini pada panitia lomba, telah tercatat sebanyak 60 peserta pelaku IKM yang akan ikut berlomba. Masing-masing mereka akan menampilkan beberapa jenis produk olahan pangan yang telah berkemasan.

Lomba tersebut akan dibuka oleh Ketua Dekranasda Banjar Hk Raudhatul Wardiyah. First lady di Bumi Barakat ini selama ini juga memiliki perhatian besar terhadap keberadaan IKM di daerah ini.

BLUSUKAN - Operator Rumah Kemasan Banjar blusukan hingga ke perdesaan untuk menyosialisasikan pentingnya pengemasan produk sekaligus pengenalan dan pembikinan penggunaan.
BLUSUKAN - Operator Rumah Kemasan Banjar blusukan hingga ke perdesaan untuk menyosialisasikan pentingnya pengemasan produk sekaligus pengenalan dan pembikinan penggunaan. (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Lebih lanjut Made menuturkan penguatan pembinaan terhadap UKM terus akan diperkuat. Di antaranya tetap menggratiskan pembuatan kemasan di Rumah Kemasan Banjar (RKB) di Desa Bincau, Kecamatan Martapura.

Lebih dari itu pihaknya bahkan tiap saat siap membantu kalangan IKM merancang desain kemasan. "Jadi tinggal datang membawa bahan kemasan. Semua peralatan pembuat kemasan di RKB silakan digunakan, gratis," tandas Made.

Baca: Ini Penjelasan Lengkap Net TV soal Kabar PHK Karyawan Besar-besaran yang Jadi Trending di Twitter

Operator RKB Gusti Rofiq Muttaqin mengatakan meski kunjungan IKM di RKB belum terlalu banyak, namun setidaknya tiap pekan sekali beberapa pelaku IKM yang datang. Pihaknya pun selalu standby dan siap membantu.

Bahkan guna mendekatkan pelayanan kepada IKM, lanjut Rifiq, pihaknya juga kerap blusukan ke perkampungan guna memberikan penyuluhan serta praktik pembuatan kemasan.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved