Berita Banjarmasin

Dinas Pertanian Banjarmasin Bersyukur DED RPU Modern di Basirih Disetujui, Segini Anggarannya

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin bersyukur karena Detail Engineering Design (DED) pembangunan RPU modern menggunakan

Dinas Pertanian Banjarmasin Bersyukur DED RPU Modern di Basirih Disetujui, Segini Anggarannya
Banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
SALAH blok rumah potong unggas (RPU) di kawasan Basirih Banjarmasin Selatan milik Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin dalam kondisi memprihatinkan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin bersyukur karena Detail Engineering Design (DED) pembangunan RPU modern menggunakan dana ABPD 2019 telah disetujui.

“Iya alhamdulilah disetujui, untuk anggaran DEDnya Rp100 juta. Sedikit saja. Kita belum bisa memperkirakan Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembuat rumah potong unggas (RPU),” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin Ir Lauhem Mahfuzi MAP, Senin (12/8/19).

Menurut Lauhim, dengan DED, maka pada 2020 bisa ditentukan usulan untuk membangun RPH modern di Basirih. Sebelumnya, rencana bantuan dana pembangunan rumah potong unggas (RPU) modern di di kawasan Basirih dari Kementrian Peternakan sebesar Rp5 Miliar ternyata dicoret.

Baca: Peringatan Lucinta Luna Ke Barbie Kumalasari Urus Suaminya Galih Ginanjar, Ngapain Malah Bikin Lagu

Baca: Klasemen Piala AFF U-18 2019 Grup A, Seusai Hasil Timnas U 18 vs Laos Skor Akhir 2-1, ke Semifinal

Baca: Hasil Timnas U-18 Hari Ini, ke Semifinal Piala AFF U-18 2019, Timnas Indonesia U-18 Vs Laos Skor 2-1

Sulasno, Kepala unit pelaksana teknis rumah potong unggas (UPT RPU) Basirih Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin, pihaknya harus bersabar Banjarmasin sebab kucuran rencana kucuran dana Rp5 miliar untuk pembangunan RPH modern pada 2018/2019 ini dicoret Kementrian Peternakan.

Menurut Sulasno, memang pada awalnya Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Banjarmasin mengusulkan pembangunan RPU modern itu sebanyak Rp3 Miliar ke Kementrian Pertanian dan usulan tersebut malah disetujui Rp5 Miliar oleh Kementrian Pertanian.

“Tapi, ternyata rencana bantuan Rp5 miliar itu dicoret oleh Kementrian Pertanian dan dialihkan ke bantuan sektor pertanian juga pangan. Kami sangat prihatin dengan kondisi ini. Dengan batalnya bantuan Rp5 miliar untuk benahi RPH Basirih, saat ini RPU Basirih berjalan dengan fasilitas seadanya saja,” kata Sulasno. (Banjarmasinpost.co.id/edi nugroho)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved