Berita Kabupaten Banjar

Ini Putusan Banding Pengadilan Tinggi Banjarmasin Atas Ketua dan Anggota PPK Karang Intan Banjar

Pengadilan Tinggi Banjarmasin menyatakan menerima permohonan banding yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang merupakan sentra Gakumdu

Ini Putusan Banding Pengadilan Tinggi Banjarmasin Atas Ketua dan Anggota PPK Karang Intan Banjar
Banjarmasinpost.co.id/Hasby
Anggota Bawaslu Banjar, Syahrial Fitri. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Berdasarkan Sistem Informasi Penelusuran Perkara PN Martapura, para terdakwa yang merupakan anggota PPK Karangintan Kabupaten Banjar tidak perlu dijalani, kecuali jika di kemudian hari ada putusan hakim yang menentukan lain disebabkan karena terpidana melakukan suatu tindak pidana sebelum masa percobaan selama enam bulan terakhir.

Pengadilan Tinggi Banjarmasin menyatakan menerima permohonan banding yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang merupakan sentra Gakumdu Kabupaten Banjar.

Majelis hakim juga menguatkan putusan Pengadilan Negeri Martapura tanggal 25 Juli 2019 Nomor 187/Pid.Sus/2019/PN Mtp, yang dimohonkan banding tersebut dengan memperbaiki sekedar mengenai redaksi dalam amar putusan, sehingga selengkapnya amar putusan berbunyi sebagai berikut.

Menyatakan Terdakwa, Riswan Ihwani tersebut di atas terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan tindak pidana Penyelenggara Pemilu yang melakukan perbuatan yang menyebabkan suara seorang pemilih menjadi tidak bernilai, atau menyebabkan peserta pemilu tertentu mendapat tambahan suara atau perolehan suara peserta pemilu menjadi berkurang.

Baca: Lima Bersaudara Duduki Kursi Legislatif HSS dengan Partai Berbeda, Mengaku Tetap Kompak

Baca: Foto Busana Seksi Agnez Mo Jadi Sorotan, Mantan Wijaya Saputra Pilih Tutup Kolom Komentar IG

Baca: VIDEO VIRAL - Kakek Diikat Sarung Lalu Didorong Sejumlah Pemuda, Padahal Sudah Minta Ampun

Baca: Dilamar Pakai Hafalan Alquran 30 Juz, Ayu Ting Ting Bereaksi, Teman Nikita Mirzani Itu Jawab Singkat

Baca: Isu Barbie Kumalasari Akan Tinggalkan Galih Ginanjar & Incar Kriss Hatta Mencuat, Nangis Cerita Ini

Menjatuhkan pidana kepada terdakwa, oleh karena itu dengan pidana penjara selama selama dua bulan dan denda sejumlah satu juta rupiah dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama satu bulan.

Menetapkan pidana tersebut tidak perlu dijalani, kecuali jika di kemudian hari ada putusan Hakim yang menentukan lain disebabkan karena Terpidana melakukan suatu tindak pidana sebelum masa percobaan selama enam bulan berakhir.

Sedangkan terkait empat anggota PPK Karang Intan yang lain putusannya sebagai berikut, menerima permintaan banding dari Penuntut Umum pada Kejaksaan Negeri Martapura tersebut.

Menguatkan putusan Pengadilan Negeri Martapura Nomor 188/Pid.Sus/2019/PN Mtp. tanggal 25 Juli 2019 yang dimintakan banding tersebut, serta membebankan kepada para terdakwa untuk membayar biaya perkara dalam kedua tingkat peradilan, yang di tingkat banding ditetapkan masing- masing sejumlah lima ribu rupiah.

Anggota Bawaslu Banjar, Syahrial Fitri membenarkan, para terdakwa tidak perlu melaksanakan hukuman pidana, karena salah satu putusannya menyatakan demikian.

Walaupun Sentra Gakkumdu Kabupaten Banjar masih belum menerima salinan dua putusan PT Banjarmasin di atas, tentu saja pihaknya sangat menghormati dan menghargai putusan tersebut.

Halaman
12
Penulis:
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved