Berita Kalteng

Jelang dan saat Iduladha, Dinas Pertanian Periksa 148 Ekor Sapi dan 18 Ekor Kambing, ini Hasilnya

Perhatian pemerintah Kabupaten Kapuas terhadap penyelenggaraan ibadah Kurban pada hati raya Iduladha 1440 H ditunjukkan dengan pendampingan kepada

Jelang dan saat Iduladha, Dinas Pertanian Periksa 148 Ekor Sapi dan 18 Ekor Kambing, ini Hasilnya
Foto dari Kasi Keswan
Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas dipimpin drh Anik Ariswandani beserta jajaran saat melakukan pendataan dan mengambil sampel daging hewan kurban. Kualakapuas 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Perhatian pemerintah Kabupaten Kapuas terhadap penyelenggaraan ibadah Kurban pada hati raya Iduladha 1440 H ditunjukkan dengan pendampingan kepada panitia pelaksana kurban baik instansi, masjid, musala, ataupun perorangan yang ada di Kota Kualakapuas.

Kegiatan pendampingan dilakukan oleh Dinas Pertanian Kapuas bertujuan untuk menjamin kesehatan hewan kurban pra dan pasca disembelih.

Setelah diselenggarakannya sosialisasi penanganan hewan Kurban yang diikuti oleh lebih dari 50 perwakilan panita penyelenggara kurban di Kabupaten Kapuas pada 5 Agustus lalu.

Kegiatan berlanjut pada Sabtu (10/8/2019) dengan melaksanakan pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang ada di UPT Rumah Potong Hewan Dinas Pertanian Kapuas. Hingga pemeriksaan saat Hari Raya Iduladha dan pasca Hari Raya Iduladha.

Baca: Foto Busana Seksi Agnez Mo Jadi Sorotan, Mantan Wijaya Saputra Pilih Tutup Kolom Komentar IG

Baca: Kemarahan Sonny Septian Saat Tahu Putra Fairuz A Rafiq Diledek Gara-gara Video Ikan Asin, Ancam Ini

Baca: Dilamar Pakai Hafalan Alquran 30 Juz, Ayu Ting Ting Bereaksi, Teman Nikita Mirzani Itu Jawab Singkat

Baca: Cara Menyimpan dan Mengolah Daging Kurban agar Empuk dan Nutrisinya Maksimal saat Dimasak

Hal ini dilaksanakan untuk menjamin daging kurban yang didistribusikan kepada masyarakat adalah daging yang sehat, penggunaan jenis plastik kemasan yang tepat, dan pemisahan pengemasan bagian jeroan dari daging.

Tim pemeriksa kesehatan hewan kurban terdiri dari 12 orang dari Dinas Pertanian Kapuas dan satu orang utusan dari Laboratorium Keswan dan Kesmavet Palangkaraya drh Dameriyani Purba.

Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, drh Anik Ariswandani mengatakan bahwa selama proses pemeriksaan, pihaknya terbagi menjadi empat tim dengan jumlah pemeriksa sebanyak 12 orang.

"Sampai dengan hari ini yang sudah kami periksa ada 148 ekor sapi dan 18 ekor kambing. Tersebar di 75 titik di wilayah Kecamatan Selat," kata Anik.

Dari hasil pemeriksaan, belum ada ditemukan hewan kurban yang sakit.

Sehingga bisa dipastikan aman dan layak dikonsumsi masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved