Berita Batola

Smart Presensi 4.800 PNS di Kabupaten Batola, Dinas Kominfo Pindahkan Server Agar Lancar

Dinas Kominfo Batola akhirnya akhirnya memindah server yang baru dengan spesifikasi lebih tinggi dan konfigurasi optimal servernya.

Smart Presensi 4.800 PNS di Kabupaten Batola, Dinas Kominfo Pindahkan Server Agar Lancar
banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
Kabid Tekhnologi Informasi dan Informatika Kominfo Batola Irfan Rachmady 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Dinas Kominfo Batola akhirnya akhirnya memindah server yang baru dengan spesifikasi lebih tinggi dan konfigurasi optimal servernya, sehingga ujicoba penerapan Smart Presensi dengan aplikasi berbasis Global Positioning System (GPS) yang ditanamkan ke telepon genggam 4.800 PNS di kabupaten Batola sejak 1 Agustus silam bisa berjalan lancar.

“Iya kami memindah server yang baru dengan spesifikasi lebih tinggi dan konfigurasi optimal servernya. Kita Harapkan Smart Presensi bisa berjalan lancar,” kata Kabid Tekhnologi Informasi dan Informatika Kominfo Batola Irfan Rachmady, Senin (12/8/2019).

Irfn bersyukur smart presensi ribuan ASN di Batola dalam seminggu terkhir berjalan lancar dan dimonitoring terus. Sebelumnya Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Batola, Murniati, mengakui pada uji coba smart presensi ini masih ada sejumlah kendala, seperti aplikasinya sering error, laman tidak tersedia dan susah masuk ke aplikasi smart presensi.

“Iya sebagia pegawai masih menemui kendala melakukam untuk absen via hape atau smart phone. Terutama saat absen online pakai smartphone melalui hape pukul 07:30 Wita. Kadang para PNS di Dinas Pertanian harus menyisihkan waktu 10 menit untuk bisa masuk ke aplikasi smart presensi tersebut,” katanya.

Baca: BREAKING NEWS - Mahasiswa UGM Sedang KKN Hilang Saat Berenang di Sungai Rungan Palangkaraya Kalteng

Baca: Pagi Ini, Senin 12 Agustus 2019, Soft Opening RSUD Sultan Suriansyah Banjarmasin

Baca: Pecinta Otomotif Banua Touring Kemerdekaan ke Tiga Negara, Ini Daftar Nama Pesertanya

Diakui Murnati, di Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Batola ada sekitar 200 PNS yang saat ini menjalani ujicoba smart presensi ini. Untuk petugas penyuluh lapangan (PPL) senior sebagian sudah tua dan tidak punya smart phone.

“Iya, kita harapkan PPL senior itu pinjem smatphone ASN lainnya. Hape para PPL senior masih masih jadul-jadul,” tegas Murniati.

Menurut Murniati, smart presensi sangat positif diterapkan karena saat ini PNS makin rajin masuk kerja tepat waktu. Jadi ngga perlu negur lagi bawahan karena absen online setiap PNS ini langsung terkoneksi ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Dinas Kominfo Batola.

“Smart presensi PNS terekam secara online dan terkini ke BKD dan Dinas Kominfo. Jadi PNS mau tak mau harus rajin ke kantor. Ini positif. Hanya saja saat ini semua ASN absen via hape, jadi susah masuk ke aplikasinya. Saya juga melihat PNS pemilik smarthone biasa juga susah masuk ke aplikasi. Berbeda PNS yang punya smarthone canggih, cepat sekali absennya” tegas Murni. (Banjarmasinpost.co.id/edi nugroho)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved