Berita Kalteng

IAIN Palangkaraya Bakal Jadi The Forest Campus, Dibangun di atas Lahan Seluas 50 Hektare

Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangkaraya, sudah mendesain kampus barunya di atas lahan seluas 50 hektare di Jalan George Obos XX

IAIN Palangkaraya Bakal Jadi The Forest Campus, Dibangun di atas Lahan Seluas 50 Hektare
tribunkalteng.co/fathurahman
IAIN Palangkaraya, terletak di Jalan George Obos, Kompleks Islamic Center, Palangkaraya, Kalimantan Tengah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangkaraya, sudah mendesain kampus barunya di atas lahan seluas 50 hektare di Jalan George Obos XX Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekanraya, Palangkaraya, Kalteng.

Konsep the forest campus tersebut, menyesuaikan dengan kondisi Kalimantan Tengah yang selama ini dikenal sebagai paru-parunya dunia, sebab hutan di Kalteng banyak yang masih perawan hingga lahan gambut yang cukup mendominasi Kalteng.

Konsep ini hampir sama dengan Konsep Kampus Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMP) yang menjadikan kampus tersebut menjadi hijau dengan pepohonan dengan mengusung konsep The Green Campus atau kampus hijau.

Baca: Harga Jam Tangan Merry yang Dihadiahkan Raffi Ahmad & Nagita Slavina Saat Pamit Ternyata Tak Terduga

Baca: Kesamaan Sifat Irish Bella & Ammar Zoni yang Bikin Artis Lain Begini, Nafa Urbach Sampai Bilang Ini

Baca: Ceritakan Hubungan Intim dengan Berondong di Youtube Rey Utami & Pablo Benua, Presenter Ini Menyesal

Rektor IAIN Palangkaraya Prof Dr H Khairil Anwar, mengatakan, salah satu bentuk pembenahan lembaga yang dipimpinnya, sebagai The Forest Campus menyikapi wacana pemindahan ibu kota negara ke Kalteng, secepatnya akan merealisasikan konsep The Forest Campus atau kampus bernuansa hutan tersebut.

Provinsi Kalteng atau Pulau Kalimantan pada umumnya sejak lama telah dikenal dunia sebagai wilayah yang didominasi hutan alami.

Bahkan, pulau ini mendapat julukan paru-paru dunia dengan sumbangan oksigen melimpah berkat keberadaan hutannya.

Keunggulan tersebut akan dilestarikan, dan harus mampu ditunjukkan juga di berbagai tempat termasuk lingkungan lembaga pendidikan.

"Tentu, jika Kalteng jadi ibu kota negara, nuansa The Forest Campus ini akan lebih banyak mendapat perhatian khalayak luas," kata Khairil Anwar kepada wartawan, Selasa (13/8/2019).

Dijelaskan Khairil Anwar, konsep tersebut sudah akan direalisasikan dalam rencana pengembangan kawasan perkampusan baru untuk IAIN Palangkaraya yang akan dibangun pada lahan seluas 50 hektare di areal berlokasi di Jalan G Obos XX, Palangkaraya.

"Ini sudah menjadi cita-cita IAIN sejak lama," ujarnya.

banjarmasinpost.co.id/faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved