Kisah di Balik Berdirinya Tanahbumbu

Pelantikan Anggota DPRD Tanahbumbu Pertama pada 26 Agustus 2014 Berlangsung di Pesisir Pantai

Hanya ada beberapa infrastruktur tersisa setelah berpisah dengan Kabupaten Kotabaru, seperti gedung Kapet (Kawasan Perekonomian Terpadu).

Pelantikan Anggota DPRD Tanahbumbu Pertama pada 26 Agustus 2014 Berlangsung di Pesisir Pantai
banjarmasinpost group/helriansyah
Kantor DPRD Kabupaten Tanahbumbu, di Batulicin Kecamatan Simpangempat, Tanahbumbu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BATULICIN - Meski telah terbentuknya Kabupaten Tanahbumbu yang diperingati setiap 8 April, setelah melalui proses perjuangan cukup panjang. Tidak berhenti sampai di situ.

Sebagai kabupaten baru terlahir kala itu, tentunya masih banyak dan panjang perjuangan dilakukan. Apalagi setelah berpisah dari kabupaten induk, kabupaten Tanahbumbu tidak memiliki infrastruktur sebagai kabupaten pemerintahan yang baru seperti gedung perkantoran.

Hanya ada beberapa infrastruktur tersisa setelah berpisah dengan Kabupaten Kotabaru, seperti gedung Kapet (Kawasan Perekonomian Terpadu).

Bermula dari situlah, anggota DPRD berkantor pertama-tama berjalannya pemerintahan di Kabupaten Tanahbumbu.

Bahkan dengan kondisi yang serba keterbatasan ketika itu, pelantikan pertama anggota DPRD Kabupaten Tanahbumbu dilaksanakan di pesisir pantai Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir.

Baca: Kisah Unik di Balik Berdirinya Kabupaten Tanahbumbu, 27 Januari 2003 Puncak Mengharukan

Baca: Petani Karet Damithulu Tanahlaut Minta Bendungan Tambang Buka Saluran, Sebabkan Lahan Karet Terendam

Baca: Ribuan Pohon Karet di Damithulu Tanahlaut Terendam dan Mati, Diduga Dampak Aktivitas Tambang

Dengan kondisi serba keterbatasan, kabupaten yang saat itu masih baru mencoba memulai pembangunan. Dengan persetujuan partai politik, pada tahun 2004 dimulai pembangunan kantor DPRD di kawasan Sepunggur dengan sistem multi years.

"Cukup unik memang, pelantikan pertama anggota DPRD 26 Agustus tahun 2004 dilaksanakan di pesisir pantai. Karena saat itu belum ada kantor DPRD," kata H Hasanuddin.

Menurut H Hasanuddin, keunikan dari prosesi itu karena anggota DPRD dimasa itulah, mungkin satu-satunya yang dilantik di pesisir pantai.

Selain pelantikan itu bertepatan dengan momentum pesta pantai Mappan Re Ritasi Pagatan.

"Kenapa di lantik di pinggir pantai, ya karena Tanahbumbu ini dibangun dengan silaturahmi, kebersamaan. Bersama rakyat Tanahbumbu itulah salah satunya," katanya.

BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah

Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved