Berita Tanahbumbu

2.000 Hektare Padi di Tanahbumbu Kekeringan, Petani Desa Saring Seibinjai Hanya Berharap Ini

Ratusan haktare padi sawah petani di Desa Saring Seibinjai, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanahbumbu mengalami kekeringan akibat dampak dari musim

2.000 Hektare Padi di Tanahbumbu Kekeringan, Petani Desa Saring Seibinjai Hanya Berharap Ini
Istimewa
Petani Saring Seibinjai menyiapkan mesin pompa untuk menyedot air di sungai, sebagai pengairan sawah yang kekeringan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Ratusan haktare padi sawah petani di Desa Saring Seibinjai, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanahbumbu mengalami kekeringan akibat dampak dari musim kemarau terjadi dalam sebulan terakhir.

Dari sekitar 550 hektare lahan produktif, sebanyak lebih kurang 250 hektare sawah sudah ditanami padi yang berusia bervariatif terancam rusak.

Menghindari padi sudah disemai gagal panen, petani pun melakukan upaya untuk mengairi sawah-sawah mereka mengalami kekeringan. Dengan menyedot air sungai yang tidak jauh dari sawah-sawah mereka.

Namun upaya itu belum maksimal, karena air disedot untuk pengairan sawah hanya dilakukan saat air sungai surut. Ketika air sungai pasang, penyedotan tidak bisa dilakukan lantaran air sungai terintrusi air laut.

Baca: LIVE VIDIO.COM! Link Live Streaming Persipura vs Kalteng Putra di Liga 1 2019 Mulai Pukul 13.30 WIB

Baca: Reaksi Ayu Ting Ting Saat Elly Sugigi Singgung Soal Nagita Slavina & Raffi Ahmad, Ruben Malah Begini

Baca: Bergelar RATU SOSIALITA & Poya-poya dengan Uang Rp 2,1 M Ludes, Ternyata Ini Profesi Asli Meyssi

"Bila air pasang, rasa airnya asin. Jadi hanya bisa kalau air sungai surut," kata Pejabat Kepala Desa Saring Seibubu H Ambo Lau kepada banjarmasinpost.co.id, Rabu (14/8/2019).

Menurut Ambo, sementara hanya cara itu bisa dilakukan petani di Desa Saring Seibubu. Karena untuk pengairan sawah petani hanya mengandalkan tadah hujan.

Upaya lain dilakukan, menurut Ambo, pihaknya sudah berkoordinasi dengan petugas penyuluh lapangan (PPL) pertanian.

"Dari Dinas Pertanian juga sudah turun mengecek ke lapangan. Hanya sekarang ini belum bisa diambil langkah apa-apa," jelad Ambo.

Namun langkah ke depannya, rencana Dinas Pertanian akan membuatkan irigasi pengairan sawah-sawah petani. Bahkan sudah dilakukan pengukuran terkait rencana itu.

"Bukan cuma desa Saring Seibinjai. Tapi untuk 10 desa dipikirkan Dinas Pertanian. Pusatnya (irigasi) di Saring Seibinjai," ujar Ambo.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved