Berita Banjarmasin

Ayo Download Aplikasi Bekantan! Masyarakat Bisa Laporkan Bila Terjadi Karhutla di Kalsel

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) saat ini menjadi atensi utama pemerintah dimana tak tanggung-tanggung Presiden Joko Widodo mengintruksikan

Ayo Download Aplikasi Bekantan! Masyarakat Bisa Laporkan Bila Terjadi Karhutla di Kalsel
Banjarmasinpost.co.id/irfani rahman
Command Center Bekantan di Ditreskrimsus Polda Kalsel. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BANJARMASIN - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) saat ini menjadi atensi utama pemerintah dimana tak tanggung-tanggung Presiden Joko Widodo mengintruksikan bahwa sekecil apa pun api yang muncul harus segera dipadamkan.

Menyikapi hal itu petugas gabungan baik itu TNI - Polri , BPBD, BMKG , Pemerinag Provinsi, Daerah serius soal karhutla ini. Bahkan pihak Kepolisian Polda Kalsel dalam hal ini Subdit IV Tipidter berharap juga masyarakat ikut aktif memberikan informasi jika ada karhutla melalui aplikasi Bekantan.

Bahkan brosur-brosur tentang aplikasi Bekantan (Berantas Kebakarann Hutan dan Lahan) ini telah dibagikan petugas ke masyarakat. Dimana berharap masyarakat bisa mendonload aplikasi ini sehingga bisa juga memberitahukan ke petugas.

Dirkrimsus Polda melalui Kasubdit IV Tindak Pidana Tertentu AKBP Endang Agustina yang dihubungi membenarkan masyarakat bisa instal aplikasi dan laporkan jika ada karhutla.

Baca: Bukan Nagita Slavina! Sosok Menantu Amy Qanita yang Paling Sabar, Ibu Raffi Ahmad Sebut Alasannya

Baca: Jadwal Timnas Indonesia Vs Myanmar Piala AFF U-18 2019, Live Streaming Rabu (14/8/2019) Sore

Baca: Tumbuhan Bajakah Sudah Bikin Heboh Hingga Mendunia, Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Menurutnya nantinya laporan masuk dri masyarakat lamgsung tersimpn secara otomatis di dalam database Bekantan Commad Center yang ada di Ditreskrimsus Polda dan terperifiasi kepada anggota.
Kemudian anggota yang terdekat akan langsung mendekati titik api yang dilaporkan masyarakat,

Dan anggota bisa melakukan langkah pencegahan dini dalam menangni kebakaran hutan dan lahan di Kalsel.

Bagaimana cara menginstal aplikasi ini ? Endang mengatakan cukup mudah dengan caraa buka playstore ketik Bekantan, tekan dan pilih Bekantan - Pold Kalimanrtan Selatan.

Setelah itu tekan instal tunggu download beberapa saat setelah berhasil buka aplikasinya.

Kemudian daftrakan diri anda dengan pilih, daftar baru, masukkan KTP, tekan, lanjutkan. Kemudin jika ingin melaporkan adnya karhutla bisa buka aplikasi Bekantan, pad smart phone anda. kemudian Log In NIK (jangan lupa daftar dulu jika belum) , kemudin pilih lapor karhutla, buat laporan titik api, ambil foto keadaan sekitar , tambahkan keterangan sesuai kondisi dan kirim.

Terpiisah, Kapolresta Banjarmasin Kombes Sumarto ditemui usai rapat koordinasi dengan Tim Karhutla Mabes Polri dan Polda Kalsel serta instansi terkait, Selasa (13/8) siang mengungkpkan meski Polresta Zero Hot Sport tapi pihakny juga tetap membantu mensosialisasikan bahaya. Karhutla dan aplikasi Bekantan.

Dimana mereka bekerja sama dengan Hape Word dan Gadger Mart dimana pembeli HP bisa langsunhg di downloadkan apliasi Bekantan tersebut.

Selain itu mereka juga (Sat Binmas , Red) turut membagikan leaflet-leaflet tentang apliasi tersebut,dan pasng himbauan contoh aplikasi itu di video tron .

"Meski kita zero hotspot tapi tetap sosialisasikan tentang aplikasi tersebut, agar masyarakat bisa membantu memberitahukan atau melaporkan jika ada karhutla," ucap Kapolresta.(Banjarmasinpost.co.id/irfani)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved