Berita Kalteng

Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Beri Materi Pencerahan dan Motivasi kepada 70 Calon Paskibra

Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas, Ary Egahni Ben Bahat ikut andil dalam memberikan materi pencerahan dengan mengangkat tema "Bela Negara" kepada 70 Calon

Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Beri Materi Pencerahan dan Motivasi kepada 70 Calon Paskibra
tribunkalteng.com/fadly
Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Ary Egahni Ben Bahat ikut andil dalam memberikan materi pencerahan mengangkat tema Bela Negara yang mana dilaksanakan di Aula Permata Inn Kuala Kapuas, Selasa (13/8/2019) malam 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas, Ary Egahni Ben Bahat ikut andil dalam memberikan materi pencerahan dengan mengangkat tema "Bela Negara" kepada 70 Calon Paskibraka Kapuas.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Permata Inn Kuala Kapuas, Selasa (13/8/2019) malam tadi, dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi calon anggota Paskibraka Kabupaten Kapuas.

Pada kesempatan itu, Ary Egahni memberikan motivasi untuk membangkitkan semangat nasionalisme di hati dan perasaan 70 calon Paskibraka se Kabupaten Kapuas.

Dimana mereka pada tanggal 17 Agustus nanti bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera merah putih.

Ia memaparkan bahwa bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.

Baca: Reaksi Ayu Ting Ting Saat Elly Sugigi Singgung Soal Nagita Slavina & Raffi Ahmad, Ruben Malah Begini

Baca: Berkah Ditipu Nenek-nenek, Yusuf TKI Korea Dapat Pengganti Sama Cantiknya dengan Intan Permata

Baca: FAKTA TERBARU Jasad Wanita Muda Ditemukan dalam Karung: Setalah Berhubungan Badan Lalu Dicekik

Kemudian ia mengungkapkan bahwa unsur dasar bela negara adalah adanya cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin akan pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara dan memiliki kemampuan awal bela negara.

"Jangan pernah berpikir membela negara itu hanya tugas TNI, Polri, dan Abdi Negara saja, bela negara dalam konteks seutuhnya adalah semua orang dari berbagai umur, baik tua maupun muda," katanya.

Dilanjutkannya, bela negara tidak perlu dengan melakukan hal yang besar, mulailah dengan hal-hal kecil seperti menghormati orang lain khususnya kepada orang tua karena merekalah yang selalu akan terus memberi dukungan dan penyemangat tanpa henti.

Ia juga menyampaikan bahwa anak-anak Indonesia khususnya Kabupaten Kapuas harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi namun tetap rendah hati, mensyukuri apa yang dimiliki serta terus mengasah kemampuan.

"Harus bangga dengan diri kalian, ketika berkompetisi jangan sampai rendah diri dan minder, tunjukkan kemampuan kita tanpa menyombongkan diri, selalu percaya akan diri dan kemampuan serta tidak mudah menyerah, belajarlah dengan tekun untuk menaklukan hal-hal sulit, itu pilihan yang pada akhirnya akan mendapatkan hal yang terbaik,” paparnya.

Sekretaris Disbudpora Kabupaten Kapuas, Safuani yang mendampingi kegiatan pemberian materi menjelaskan calon Paskibraka Kabupaten Kapuas mulai mendapatkan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan dari tanggal 2 agustus 2019.

Lalu pemberian materi pencerahan sudah mulai dilaksanakan dari tanggal 11 Agustus sampai dengan 14 Agustus.

"Kami berharap calon paskibraka dapat memahami dan melaksanakannya dari materi-materi yang disampaikan di kehidupan dan memberikan contoh tauladan bagi masyarakat," ungkapnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved