Berita Tapin

Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Lahan di Candi Laras Utara Tapin Kalimantan Selatan

Dari hasil groundcek di lapangan, titik koordinat tersebut masuk di desa Teluk Haur Kecamatan CLU Kabupaten Tapin tepatnya di area semak belukar.

Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Lahan di Candi Laras Utara Tapin Kalimantan Selatan
HO/Polsek Candi Laras Utara
Anggota Polsek Candi Laras Utara melakukan penyelidikan di bekas lahan yang terbakar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Jajaran Polsek Candi Laras Utara (CLU) menindak lanjuti Instruksi Presiden dan perintah Kapolri terkait proses penanganan kebakaran hutan dan lahan, maka Polsek CLU melakukan police line atau memberi pita larangan melintas di area lahan yang terbakar, Rabu (14/ 8/2019).

Kapolsek Candi Laras Utara, Ipda Indra Wahyu Wibowo mengatakan pemasangan garis polisi itu langkah selanjutnya guna proses penyelidikan siapa pemilik lahan, apakah ada unsur kesengajaan atau tidak lalai sehingga terjadi kebakaran lahan tersebut.

"Anggota piket Polsek CLU mendapat laporan dari masyarakat bahwa di Desa Teluk Haur ada kebakaran hutan dan lahan, kemudian menindak lanjuti laporan tersebut anggota Polsek CLU mendatangi kebakaran lahan," katanya kepada reporter Banjarmasinpost.co.id, Rabu (14/8/2019).

Baca: Tanah di Desa Rantaubakula Kabupaten Banjar Retak Diduga Dampak Tambang, Begini Kejadiannya

Baca: Lolos ke ke DPRD HSS, Ini yang Akan Dilakukan Mahdi Bin Yahya Ketua FPI Kalsel untuk Warga HSS

Baca: BREAKING NEWS - Warga Kompleks BBP Mantuil Banjarmasin Geger Wanita Jadi Mayat dalam Rumah

Menurut Ipda Indra Wahyu Wibowo setelah melakukan dokumentasi memakai aplikasi open camera, titik koordinat kebakaran sebagai berikut :- 2’47’40.8”S 114’54’16.6”E.

Peristiwa bencana kebakaran lahan itu terjadi pada Minggu (11/8/2019) sekitar pukul 13.00 Wita.

PADAMKAN API - Anggota Polsek Candi Laras Utara melakukan penyelidikan di bekas lahan yang terbakar sekaligus ikut memadamkan api.
PADAMKAN API - Anggota Polsek Candi Laras Utara melakukan penyelidikan di bekas lahan yang terbakar sekaligus ikut memadamkan api. (HO/Polsek Candi Laras Utara)

Dari hasil groundcek di lapangan, titik koordinat tersebut masuk di desa Teluk Haur Kecamatan CLU Kabupaten Tapin tepatnya di area semak belukar.

"Setiba di lokasi kebakaran lahan petugas bersama masyarakat setempat melakukan upaya pemadaman api dengan menggunakan alat semprot Solo dan gepyok dari ranting-ranting pohon. Sekitar pukul 15.00 Wita, api dapat dikuasai dan dipadamkan," katanya. (banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved