Otomotif

Rumor Beredar, Mobil Esemka Rebadge dari China, ''Buat Apa Kami Sampai Bangun Pabrik''

Selain menegaskan bila Esemka merupakan perusahaan swasta tanpa campur tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Eddy Wirajaya selaku Presiden Direktur

Rumor Beredar, Mobil Esemka Rebadge dari China, ''Buat Apa Kami Sampai Bangun Pabrik''
Istimewa
SUV misterius di parkiran pusat perbelanjaan. Mirip dengan ESEMKA Garuda 1 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Selain menegaskan bila Esemka merupakan perusahaan swasta tanpa campur tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Eddy Wirajaya selaku Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka), juga membantah rumors yang mengatakan bila produknya merupakan rebadge dari mobil China.

Menurut Eddy, kabar tersebut tidak benar, karena pabrik Esemka sendiri sudah memiliki ragam fasilitas untuk memproduksi mobil.

"Tidak, tidak benar itu (rebadge). Mobil yang ini kami produksi sendiri, tapi memang ada beberapa komponen yang masih kami impor. Komponen itu dikirim terurai dan kami rakit sendiri di pabrik," kata Eddy kepada beberapa media di Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu saat pabrik Esemka selesai dibangung dan mulai ada aktiviatas, timbul rumors bahwa Esemka hanya mendatangkan mobil dari China dan mengganti emblemnya dengan Esemka. Hal ini lantaran adanya beberapa model Esemka yang dari segi desain dan bentuk serupa dengan mobil-mobil asal Tiongkok.

Baca: VIRAL Tanaman Bajakah Sembuhkan Kanker, Begini Cerita Keluarga yang Pertama Kali Buktikan Khasiatnya

Baca: TRAGIS, Brigadir Anumerta Hedar Tewas di Tangan Penjahat Intaiannya, Sempat Meronta Lalu Dor!

Baca: Jadwal Boys Elite Football Turnament 2019, Timnas U-15 Myanmar Vs Indonesia, Rabu (14/8/2019)

Kabar soal mengganti emblem juga ditegaskan kembali oleh Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Joko Sutrisno. Menurut Joko, persepsi yang timbul beberapa waktu lalu mengenai Esemka adalah mobil China cukup ekstrem.


Penampakan mobil Esemka Garuda 1 awal tahun 2018(Tribunnews)

Namun Joko mengakui bila memang ada beberapa mobil dari luar yang menjadi inspirasi untuk dijadikan model produksi Esemka di Indonesia. Tapi bukan berarti benar-benar diterapkan serupa dengan produk yang sudah ada.

"Bila hanya mau ganti emblem, buat apa kami sampai bangun pabrik dan menyediakan semua fasilitas untuk produksi. Jadi memang ada inspirasi yang kita tiru, tapi kita juga kita kembangkan lagi, artinya di situ kita juga ikut memproduksi dan ada transfer teknologi," ucap Joko.

40 Mobil

Mobil produksi PT Solo Manufaktur Kreasi itu dikabarkan sudah dalam tahap persiapan produksi massal. Bagian produksi akan dilakukan di pabrik Esemka yang berdiri di Desa Demangan, Boyolali, Jawa Tengah.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved