Berita Kalteng

Seribu ASN dan Jaksa Dikerahkan Padamkan Kebakaran Lahan

Sebanyak seribu orang aparatur sipil negara (ASN) dan Jaksa, Rabu (14/8/2019), dikerahkan untuk ikut membantu melakukan upaya sosialisasi

Seribu ASN dan Jaksa Dikerahkan Padamkan Kebakaran Lahan
Humas Pemprov Kalteng
ASN dan Jaksa di Palangkaraya Kalimantan Tengah, Rabu (14/8/2019) melakukan salat istisqa untuk meminta hujan kepada Allah SWT, karena kebakaran lahan berdampak pada pencemaran udara makin parah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Sebanyak seribu orang aparatur sipil negara (ASN) dan Jaksa, Rabu (14/8/2019), dikerahkan untuk ikut membantu melakukan upaya sosialisasi dan pemadaman kebakaran lahan di Kota Palangkaraya, Kalteng.

Ini karena melihat kondisi kebakaran lahan yang terjadi di Kota Palangkaraya makin tebal dan bau asap menyengat membuat sesak nafas.

Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah berinisiatif melakukan gerakan bersama mencegah kebakaran lahan sekaligus memadamkan .

Kegiatan diawali dengan apel di Lingkungan Kejaksaan Tinggi Kalteng yang kemudian dilanjutkan dengan menggelar salat istisqo dan kegiatan pencegahan pemadaman kebakaran dengan sosialisasi di lapangan dan melakukan pemadaman kebakaran lahan.

Baca: Anak Hasil Pernikahan Fairuz-Sonny Dibully Disekolah, Barbie Kumalasari : Risiko Tak Mau Berdamai

Baca: 2 Fakta Penyakit Buta Warna, Keturunan atau Bukan? Simak Penjelasannya

Baca: Cinta Laura Tidak Menyangka Bumi Manusia Menguras Emosinya, Jadi Puncak Karier Hanung Bramantyo

Baca: Berpakaian Motif Ular, Tampilan Seksi Ashanty & Aurel Disorot, Lihat Pose Istri Anang Hermansyah

Kepala Kejaksaan Tinggi Kalteng, Adi Sutanto, mengatakan, pihaknya turut peduli dengan kondisi kebakaran lahan yang kian sporadis dan berdampak pada kabut asap yang cukup tebal menyelimuti Kota Palangkaraya.

"Kami memasang spanduk larangan membakar lahan di titik-titik rawan terjadi kebakaran lahan dan hutan serta mengimbau kepada warga agar segera saja memadamkan api yang membakar lahan jika terjadi pada kawasan sekitar lingkungan rumah warga, jangan menunggu petugas datang," ujarnya.

Sementara itu, Sekda Provinsi Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri, menyambut baik upaya bersama menggabungkan ASN dan Jaksa yang jumlahnya mencapai seribu orang untuk memadamkan lahan yang terbakar.

"Ini sangat baik sekali, ASN dan Jaksa dilibatkan dalam mencegah meluasnya kebakaran lahan sehingga dipasang spanduk imbauan untuk ikut serta dalam aksi memadamkan kebakaran lahan yang terjadi di sejumlah titik di Palangkaraya dalam beberapa hari ini," ujarnya.

Kondisi kabut asap dampak kebakaran lahan yang kian mengganggu aktivitas warga ini, membuat sebagian warga Kota Palangkaraya mrmilih sementara mengungsi ke Sampit, lantaran tidak tahan dengan bau asap dampak kebakaran lahan.

"Kami terpaksa mengungsi ke Sampit, karena kabut asap di Palangkaraya sangat mengganggu, kondisi di Sampit tidak separah di Palangkaraya, sementara kami tinggal dengan keluarga di Sampit, hingga kondisi kabut asap di Palangkaraya berkurang," ujar Husnul Chotimah, salah satu warga Palangkaraya.

banjarmasinpost.co.id / faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved