Berita Banjarmasin

Sertifikasi dan Refreshment Auditor Mutu Internal ULM 2019 di Wisata Alam Loksado HSS, Ini Tujuannya

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menyelenggarakan kegiatan sertifikasi dan penyegaran auditor mutu internal (AMI).

Sertifikasi dan Refreshment Auditor Mutu Internal ULM 2019 di Wisata Alam Loksado HSS, Ini Tujuannya
istimewa
Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menyelenggarakan kegiatan sertifikasi dan penyegaran auditor mutu internal (AMI) di Loksado, HSS. 

BANJARMASINPOST.CO.ID-  Selama dua hari, Rabu dan Kamis 14-15 Agustus 2019, bertempat di Alam Roh 7 Resort, Loksado, Hulu Sungai Selatan, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menyelenggarakan kegiatan sertifikasi dan penyegaran auditor mutu internal (AMI).

Kegiatan sertifikasi ditujukan kepada auditor baru hasil seleksi tahun 2019 dan kegiatan penyegaran ditujukan untuk auditor lama yang sudah tersertifikasi dan telah bertugas sebagai auditor internal selama beberapa tahun terakhir.

Kegiatan diikuti 31 peserta dan Kepala-Kepala Pusat yang ada di lingkup Lembaga Penjaminan Mutu. Narasumber utama adalah Pakar Audit dari Lembaga Auditor Nasional asal Surabaya yaitu Imam Maruf.

Narasumber lainnya adalah Ketua LPM ULM, Prof Dr Muhammad Ahsin Rifaí MSi dan Kepala Pusat Monevin LPM Heri Susanto SPd, MPd.

Dalam sambutan pembukaan, Ahsin mengharapkan agar auditor mutu internal yang baru lulus seleksi berkas agar benar-benar mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga dapat lulus dan mendapatkan sertifikat auditor mutu internal ULM.

Baca: Oknum Polisi Tapin Bripda AD Bakal Hadapi Dua Tuntutan, Diduga Lakukan Pencabulan Anak di Bawah Umur

Baca: Jemaah Haji HST Sudah Kembali Menuju Mekkah, Tak Temukan Hujan Es di Arafah, Justru Alami Hipertensi

Baca: Terkait Retaknya Tanah di Desa Rantaubakula Diduga Dampak Tambang, Ini Klarifikasi PD Baramarta

"Sertifikasi ini menjadi syarat mutlak bagi seorang auditor internal untuk dapat bertugas mengaudit mutu internal di lingkungan ULM," ujarnya.

Sedangkan bagi para auditor lama diharapkan kegiatan penyegaran ini dapat mengingatkan kembali tentang filosofi dan mekanisme audit mutu internal dan etika auditor.

Penyegaran menjadi sangat penting untuk karena proses audit mutu internal di ULM dilaksanakan sekali dalam setahun yaitu pada setiap bulan Agustus-September.

Pada kesempatan pelatihan ini juga diberikan materi instrument baru AMI Online Versi 4.0 yang merujuk kepada instrument baru IAPS 4.0 terutama LKPS dan LED.

Insrument ini telah berhasil di desain bagin IT LPM selama 4 bulan untuk mengantisipasi perubahan instrument baru akreditasi BAN PT dari 7 standar menjadi 9 kriteria.

"Perubahan ini sangat penting karena instrument baru berbasi proses, output, dan outcome," pungkas Ahsin.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved