Berita Tabalong

Terminal Kecamatan Muara Uya Juga Jadi Tempat Parkir, Terminal Kelua Bakal Dijadikan RTH

Selain digunakan untuk para angkutan umum menunggu pnumpang juga digunakan untuk para pedagang memarkirkan kendaraan roda empatnya.

Terminal Kecamatan Muara Uya Juga Jadi Tempat Parkir, Terminal Kelua Bakal Dijadikan RTH
banjarmasinpost.co.id/reni kurniawati
Terminal di Kecamatan Muara Uya, Tabalong yang juga dijadikan tempat parkir. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Kabupaten Tabalong memiliki transportasi umum yang dalam kota yang biasa menghuhungkan antar kecamatan. Armada dalam kota yang digunakan warga ini merupakan bantuan dari perusahaan.

Dan untuk memaksimalkan angkutan umum antar kecamatan di beberapa kecamatan juga memiliki terminal kecamatan. Yaitu di Kecamatan Mabuun, Muara Uya dan Kelua.

Untuk di Kecamatan Muara Uya sendiri lokasinya tak jauh dari pasar Kecamatan Muara Uya. Selain digunakan untuk para angkutan umum menunggu pnumpang juga digunakan untuk para pedagang memarkirkan kendaraan roda empatnya.

Abdul Wahid Plt Camat Muara Uya mengatakan terminal biasa digunakan hanya pada saat hari pasar yaitu pada hari minggu.

"Sekaligus untuk tempat parkir, lebih banyak memang kendaraan parkir karena sekarang sudah jarang sekali angkutan umum sebab warga banyak yang memiliki kendaraan pribadi," ujarnya.

Baca: Tujuh Pengajar Muda Indonesia Ditugaskan Mengajar Anak-anak Meratus di Loksado HSS

Wahid mengatakan tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini warga sudah banyak yang memiliki kendaraan pribadi sehingga jarang menggunakan kendaraan umum.

"Terminal lebih banyak difungsikan sebagai tempat parkir, namun juga itu sangat membantu karena pada hari pasar banyak sekali kendaraan roda empat yang berparkir," ujarnya.

Keberadaan terminal yang difungsikan untuk parkir juga menguntungkan karena mengurangi kemacetan. Ditambah para kendaraan yang berparkir juga bisa mengganggu lalu lintas jika parkir di bahu jalan.

Terpisah Suwardi Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Tabalong mengatakan pihaknya telah menugaskan petugas yang berjaga di terminal Mabuun, Muara Uya dan Kelua. Karena kendaraan umum dan yang berparkirbjuga dikenakan biaya parkir resmi yang masuk sebagai retribusi daerah.

Terlebih saat hari pasar, untuk Kecamatan Muara Uya ramai di hari Minggu, terminal Mabuun ramaibdi hari sabtu dan Terminal kelua ramai di Hari Kamis.

Baca: Kebakaran Lahan Hampir Menyasar Permukiman Penduduk di Labuan Amas HST, Petugas Lakukan Ini

Khusus untuk di terminal Kelua biasa masih tetap bergungsi pada hari biasa karena banyak kendaraan umum yang melewati terminal tersebut. Angkutan umum dalam kota juga dikhususkanbpada hari kamis ke Pasar Kelua. Karena banyak warga yang ke pasar tersebut.

"Terminal Kelua memang paling ramai terlebih menjadi akses menuju Kabupaten HSU, sehingga bukan hanya angkutan umum dari Tabalong yang  singgah namun juga dari kabupaten tetangga," ujarnya.

Untuk perbaikan terminal saat ini memang belum ada, namun rencana jangka panjang terminal Kelua rencananya akan direlokasi dan tempat yang ada akan difungsikan sebagai Ruang Terbuka Hijau. (Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved