Berita Internasional

2 Pilot Cathay Pacific Dipecat karena Ketahuanm Dukung Demo Anti-Pemerintah Hong Kong

Ikut mendukung gerakan demonstrasi anti-pemerintah di Hong Kong, dua pilot Maskapai penerbangan Cathay Pacific dipecat.

2 Pilot Cathay Pacific Dipecat karena Ketahuanm Dukung Demo Anti-Pemerintah Hong Kong
AFP / LAUREL CHOR
Bentrokan terjadi antara massa pengunjuk rasa anti-pemerintah di Hong Kong pada Minggu (21/7/2019), memaksa polisi menembakkan gas air mata. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, HONG KONG - Ketahuan ikut mendukung gerakan demonstrasi anti-pemerintah di Hong Kong, dua pilot Cathay Pacific dipecat pihak maskapai penerbangan.

Dilansir dari Kompas.com, pihak maskapai dalam pernyataannya menyampaikan, satu pilot telah terlibat proses hukum dan seorang lainnya dituduh menyalahgunakan informasi perusahaan.

"Satu (orang) saat ini terlibat dalam proses hukum, sementara yang lainnya menyalahgunakan informasi perusahaan tentang Penerbangan CX216 pada 12 Agustus," kata pihak maskapai dalam pernyataan, Rabu (14/8/2019).

Hong Kong telah terjatuh dalam krisis dengan aksi protes selama 10 pekan yang mendorong jutaan orang turun ke jalan untuk menentang UU Ekstradisi dan menuntut reformasi demokrasi.

Diberitakan sebelumnya, maskapai penerbangan Cathay Pacific yang berbasis di Hong Kong, telah mengancam bakal memecat setiap karyawan yang ketahuan mendukung atau berpartisipasi dalam " demo ilegal".

Baca: Sejumlah Pria Menggunakan Penutup Wajah Serang Massa Pengunjuk Rasa di Hong Kong, 45 Orang Terluka

Peringatan itu menyusul aturan otoritas penerbangan China yang meminta maskapai itu menyerahkan manifes staf atau penerbangan ke atau melalui wilayah udaranya.

Beijing menegaskan bahwa setiap karyawan yang ikut atau mendukung demo Hong Kong selama dua bulan terakhir dilarang untuk terbang ke daratan utama.

Pihak Cathay Pacific sudah menyatakan mereka bakal mendukung regulasi itu, menekankan pentingnya bisnis di China dan kebutuhan mengikuti peraturan setempat.

Pihak maskapai pada pekan lalu, telah menangguhkan pilot yang dituduh turut terlibat dan berpartisipasi dalam aksi demonstrasi anti-pemerintah.

Disebutkan juga bahwa pihak maskapai telah memecat dua staf darat tanpa menyebut alasan yang jelas.

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved