Berita Tanahbumbu

2 Polisi di Tanahbumbu Ini Lakukan Sosialisasi Sambil Bawa Banner dan Spanduk Karhutla

Puncak musim kemarau diperkirakan terjadi Agustus ini. Selain berdampak mengakibatkan kekeringan, namun juga berpotensi terjadi kerawanan kebakaran

2 Polisi di Tanahbumbu Ini Lakukan Sosialisasi Sambil Bawa Banner dan Spanduk Karhutla
Istimewa
Dua personel Polsek Sungai Loban Tanahbumbu melakukan sosialisasi karhutla di desa binaan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Puncak musim kemarau diperkirakan terjadi Agustus ini. Selain berdampak mengakibatkan kekeringan, namun juga berpotensi terjadi kerawanan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Berbagai upaya pencegahan terus dilakukan, terlebih Kabupaten Tanahbumbu sebagian besar masih kawasan hijau. Selain belum lama tadi dibentuk sub satuan tugas karhutla yang melibatkan BPBD, TNI/Polri dan pihak terkait lainnya.

Selain personel tergabung dalam sub satgas karhutla. Upaya pencegahan karhutla, secara kewilayahan gencar dilakukan anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Sungai Loban Polres Tanahbumbu.

Baca: Head to Head dan Jadwal Live Streaming Arema FC vs Persebaya Liga 1 2019, Siaran Langsung Indosiar

Baca: Foto Lawas Keluarga Reino Barack Suami Syahrini Beredar, Sosok Mertua Buat Pangling

Baca: Youtuber Ria Ricis Pegang Pisau untuk Bunuh Diri, Oki Setiana Dewi Sebut Sosok Penyelamat

Pencegahan dilakukan Bhabinkamtibmas melalui imbauan dan sosialisasi dampak dan larangan pembakaran hutan dan lahan kepada warga desa binaan di wilayah Kecamatan Sungai Loban, Tanahbumbu.

Seperti yang dilakukan Bripka Gunawan dan Brigadir Dewan Daru misalnya, imbauan dan sosialisasi dilakukan di Desa Sari Mulya, Rabu (14/8/2019) kemarin.

Selain kegiatan rutin dilakukan tiap hari, karena karhutla sangat rawan terjadi dikarenakan dalam sebulan terakhir minimnya curah hujan yang turun.

"Saat melakukan imbauan dan sosialisasi, selalu membawa benner dan spanduk agar lebih bisa dipahami masyarakat," kata salah seorang Bhabinkamtibmas.

Kapolres Tanahbumbu AKBP Kus Subyantoro SIK melalui Kapolsek Sungai Loban Iptu H Tony Haryono SE.MM membenarkan, imbauan dan sosialisasi oleh personel Bhabinkamtibmas rutin dilakukan di masing-masing desa binaan.

Menurut Tony, dengan gencarnya imbauan dan sosialisasi dilakukan. Diharapkan warga tidak hanya mengetahui, sehingga tidak melakukan pembakaran laham.

Tapi diharapkan pula masyarakat bisa menyadari bahaya dan dampak bagi lingkungan sekitar akibat karhutla tersebut.

"Maka dari itu imbauan dan sosialisasi ini secara terus menerus dilakukan, apalagi di musim kemarau ini," pungkasnya.

(BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved