Berita Banjarbaru

Penyelam Senior Juga Akan Kibarkan Merah Putih di Bawah Laut, Suhaili Bawa 3 Kamera Underwater

Pria yang sudah melanglang menyelam di Kalsel ini mengaku akan gunakan tiga kamera selam underwater untuk mengabadikan momen ini.

Penyelam Senior Juga Akan Kibarkan Merah Putih di Bawah Laut, Suhaili Bawa 3 Kamera Underwater
banjarmasinpost.co.id/nurholishuda
Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan ULM, Dr. Ir. H Muhammad Fauzi, MP menyerahkan bendera merah putih ke Ketua Umum MDC Yuniar Rahma mahasiswa FPK ULM 

BANJARMASIN POST.CO.ID BANJARBARU - Suhaili Asmawi (59) penyelam senior dan juga dosen di Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) akan memimpin pengibaran bendera merah putih di bawah laut Pulau Kerayaan Kotabaru Kalimantan Selatan.

Pria tersebut sudah 1995 menyelam pada banyak tempat dan orang pertama yang penyelam asal Kalsel. Keseniorannya dia akan dikenang terutama ketika pertama kali pengibaran bendera nantinya.

"Karena nanti kedalaman sekitar 7-10 meter maka diperlukan sekitar 15 menit. Waktu cukup singkat saya rasa," kata dia.

Menurut dia, nanti karena di dalam laut tidak ada komando suara. Maka diperlukan isyarat bunyi. "Nanti akan disepakati Penyelam. Untuk komando bisa gunakan tanda ketukan tabung," kata dia.

Bagaimana persiapan dia. Pria yang sudah melanglang menyelam di Kalsel ini mengaku akan gunakan tiga kamera selam underwater untuk mengabadikan momen ini.

Baca: Jemaah Haji Kalsel Mulai Persiapan Pemulangan ke Tanah Air, Air Zamzam Lebih Dulu Dipacking

Selain Suhaili Asmawi juga ada Ayu Zarica. Beliau adalah, Intruktur wanita pertama di Kalsel dari SSI dan Owner Borneo Cha Dives Center yang bertindak pengerek bendera, dan Ketua Umum MDC Yuniar Rahma.

Tim mereka yang akan mengibarkan dan melakukan penanaman seribu mangrove itu kemarin dilepas secara resmi oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Ir H Pahmi Ansyari, MS. dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan ULM, Dr. Ir. H Muhammad Fauzi, MP. mendukung kegiatan ini.

Pelepasan tim tersebut sekaligus menjadi rangkaian Lustrum XI (HUT55) Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat.

Ketua Panitia, Ir. H Rozani Ramli, M. Si. Rabu (15/8/2019), menjelaskan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat (FPK-ULM) berdiri sejak Oktober tahun 1964 dan saat ini tahun 2019 berarti sudah berusia 55 tahun.

Sudah menjadi tradisi bahwa peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) FPK-ULM hanya diperingati setiap 5 (lima) tahun sekali yang disebut dengan istilah Lustrum.

Baca: Peringatan Proklamasi di Pulau Kerayaan Kotabaru Mahasiswa Kibarkan Merah Putih di Dalam Laut

Oleh karena usia FPK-ULM tahun 2019 ini adalah 55 tahun, maka tahun 2019 diperingati sebagai
LUSTRUM XI FPK-ULM.

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat mempunyai sejarah panjang di dalam rangka mencetak Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan (SDM-KP), di mana sekarang sudah meluluskan Sarjana Perikanan dan Sarjana Kelautan berjumlah 2831 lulusan.

Nah di tahun ini kegiatan-kegiatan yang diusung adalah kegiatan akademik berupa seminar nasional, seminar regional se Kalimantan, Pekan Iptek, tracer study dan kegiatan non akademik berupa pengibaran bendera bawah laut, tranplantasi karang, gerakan penanaman seribu mangrove, olah raga dan seni dan Temu Alumni sebagai pucak acara.

"Kami mendukung langkah dari mahasiswa yang akan kibarkan bendera merah putih di Pulau Kerayaan Kotabaru Kalimantan Selatan ini," kata Ir H Pahmi Ansyari, MS. (banjarmasinpost.co.id/lis).

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved